Manuelin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Menara Belém di Lisboa adalah salah satu contoh bangunan bergaya Manuelin.
Ornamen Manuelin di Biara Jerónimos, Belem, Portugal.

Manuelin (bahasa Portugis: estilo manuelino, IPA: [ɨʃˈtilu mɐnweˈɫinu]) adalah gaya ornamentasi arsitektur khas Portugal pada dasawarsa-dasawarsa pertama abad ke-16. Gaya ini memadukan unsur-unsur maritim dengan penemuan-penemuan dari perjalanan Vasco da Gama dan Pedro Álvares Cabral. Gaya yang inovatif ini juga memadukan arsitektur Gothik akhir dengan gaya Plateresque Spanyol, Mudéjar, arsitektur kota Italia, dan unsur-unsur Flandria. Gaya Manuelin melambangkan transisi dari gaya Gothik akhir menjadi Renaisans. Pembangunan gereja-gereja dan biara-biara bergaya Manuelin didanai oleh perdagangan rempah-rempah yang menguntungkan di Afrika dan India.

Gaya ini diberi nama "Manuelin" oleh Francisco Adolfo de Varnhagen, Visconte Porto Seguro, dalam bukunya pada tahun 1842 yang berjudul Noticia historica e descriptiva do Mosteiro de Belem, com um glossario de varios termos respectivos principalmente a architectura gothica. Ia mencetuskan istilah ini saat sedang mendeskripsikan Biara Jerónimos. Gaya ini dinamai dari Raja Manuel I karena gaya ini berkembang selama masa kekuasaannya.

Walaupun tidak berlangsung lama (dari tahun 1490 hingga 1520), periode Manuelin telah memberikan sumbangan penting bagi perkembangan seni Portugal. Pengaruh gaya Manuelin masih dapat dirasakan hingga kini dan dapat ditemui di berbagai jenis bangunan di Portugal, seperti gereja, biara, istana, dan kastil. Gaya ini juga dapat ditemui dalam bentuk patung, lukisan, seni logam, tembikar glasir bening, dan furnitur.

Referensi[sunting | sunting sumber]