Mandi lumpur

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Mandi lumpur di Turki
Mandi lumpur Amerika Serikat
Gajah yang sedang mandi lumpur

Mandi lumpur adalah aktivitas mandi dengan menggunakan lumpur, biasanya sering dilakukan di daerah di mana air panas dapat bercampur dengan abu vulkanik. Mandi lumpur telah dikenal selama ribuan tahun, dan saat ini dapat ditemukan sebagai layanan spa di banyak negara.[1][2] Beberapa hewan seperti kerbau dan gajah juga dikenal sering berendam dan "mandi" di dalam lumpur.

Lokasi mandi lumpur di Amerika Serikat sebagian besar ditemukan di resor di California dan Miami Beach, Florida. Lumpur tersebut merupakan kombinasi dari abu vulkanik lokal, gambut Kanada yang diimpor, dan air mineral yang dipanaskan secara alami. Secara historis, perawatan mandi lumpur telah digunakan selama berabad-abad di spa Eropa Timur dan Barat sebagai terapi untuk meredakan radang sendi.[butuh rujukan]

Di Rumania, Danau Techirghiol populer dengan perawatan mandi lumpurnya.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Types of Spa Mud Baths". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-11-15. Diakses tanggal 2021-12-03. 
  2. ^ "Discover Jordan". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-10-05. Jordan is a jewel in the Middle East, a mysterious and enthralling country that's home to the ancient city of Petra, the biblical site of Umm Quais and the cleansing mud baths of the Dead Sea. 
  3. ^ "Therapy mud". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-03-10. Diakses tanggal 2012-05-23. Mudnett Therapeutic mud for therapeutic massage, therapy, mud bath, mud mask and body mask. Used in balneotherapy, spa therapy and therapeutic massage therapy.