Maleficent (karakter 2014)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Maleficent (karakter 2014)
Disney's-maleficent.jpg
Maleficent (Angelina Jolie) dan gagak peliharaannya, Diaval.
Penampilan perdana Maleficent (film) (2014)
Pencipta Walt Disney Pictures
Pengisi suara Angelina Jolie
Ella Purrnell
Informasi terkait
Nama alias
Saudara
Binatang peliharaan
Rekan
Musuh

Maleficent (karakter 2014) adalah peri wanita bersayap besar dan kuat yang sangat baik hati, diperankan oleh Angelina Jolie (Maleficent dewasa), dan oleh Ella Purrnell (Maleficent kecil). Dengan peran yang sedikit berbeda dalam film Sleeping Beauty (film 1959), yang berbeda adalah kutukannya, peran antagonis dan protagonis nya, serta beberapa hal lainnya.

Kepribadian[sunting | sunting sumber]

Maleficent adalah peri wanita bersayap besar dan kuat yang sangat baik hati. Dia mulai kejam karena mulai mengetahui adanya "penghianatan" yang dilakukan oleh seorang anak yang mencuri (Stefan) di tempat tinggalnya, Moors. Dia sangat memendam dendamnya sehingga memberi kutukan kepada seorang putri bernama Aurora (anak dari Stefan) karena penghianatan dari Stefan ketika sudah dewasa. Juga karena raja jahat yang menyerang Moors dengan sangat kejam. Maleficent pun menjadi baik ketika sadar bahwa "True Love" sebenarnya ada dan nyata dengan memberi kasih sayang kepada seorang putri yang ia kutuk itu.

Penampilan fisik[sunting | sunting sumber]

Maleficent adalah wanita cantik, kuat, yang memiliki sayap yang dicuri. Ia memakai gaun hitam, dengan kerah yang bermodel unik dan elegan. Ia juga mempunyai dua tanduk di atas kepalanya yang membuat dirinya menjadi sangat misterius dengan ditambahnya warna hitam pada keseluruhan tema kostumnya. Ia memiliki tongkat dengan keseluruhan warna hitam. Beberapa kekuatan yang ia punya adalah dapat membuat gelombang udara yang sangat kuat dengan sayapnya sehingga dapat membuat musuhnya dapat terjatuh. Ia punya hewan peliharaan, seekor burung gagak, bernama Diaval.

Peran di Maleficent (film)[sunting | sunting sumber]

  • dikutip dari Maleficent (film) pada bagian Plot dan sedikit disunting oleh penyunting

Di Maleficent (film), ceritanya hampir sama dengan perannya di film Sleeping Beauty.

Maleficent (Ella Purrnell & Angelina Jolie) awalnya peri wanita bersayap besar dan kuat yang sangat baik hati. Di tempat tinggalnya yang bernama Moors, Maleficent kecil (Ella Purrnell) bertemu dengan seorang anak laki-laki bernama Stefan (Micheal Higgins). Stefan tertangkap oleh warga Moors karena mencuri. Namun Maleficent kecil menyelamatkannya dan membiarkan pergi. Stefan yang hanya seorang yatim piatu miskin rela melepaskan cincinnya hanya karena Maleficent tidak bisa menyentuh besi. Dan Stefan berjanji akan bertemu Maleficent lagi suatu hari. Stefan dan Maleficent pun sering bertemu dan menjadi sahabat. Namun persahabatan mereka berubah menjadi cinta. Dan meyakini bahwa ciuman Stefan adalah "True Love Kiss".

Namun lama kelamaan Stefan yang sudah remaja (Toby Regbo) mulai jarang menemui Maleficent karena mengejar mimpinya untuk ke kastil. Maleficent merasa sedih dan kehilangan Stefan. Suatu hari Moors diserang oleh Raja dan pasukannya untuk menguasai Moors. Maleficent berhasil menyingkirkan mereka dari Moors karena kekuatannya yang sangat kuat sebagai penghuni Moors. Akan tetapi Raja sangat dendam padanya. Dan akan memberikan tahta nya pada siapa pun yang berhasil membunuh Maleficent.

Stefan yang memimpikan menjadi Raja berniat untuk membunuh Maleficent. Dia menemui Maleficent dari sekian lama mereka tak bertemu. Stefan memberitahukan bahwa Raja akan membunuhnya dan Maleficent percaya padanya. Namun sikap baik Stefan hanya jebakan untuknya. Stefan memberi obat tidur kemudian akan membunuhnya. Tetapi Stefan tak tega dan memutuskan untuk memotong sayapnya dan membawanya ke istana. Maleficent sangat kecewa dan marah. Dia menjadi pemurung.

Suatu hari Maleficent menyelamatkan seekor burung yang hampir dibunuh. Burung bernama Diaval (Sam Riley) itu mengabdikan dirinya pada Maleficent karena berhutang budi. Diaval memberikan informasi bahwa Stefan sudah menikah dan memiliki anak perempuan bernama Aurora (Vivienne Jolie-Pitt). Stefan akan mengadakan pesta dan pembaptisan puterinya. Peri-peri datang untuk memberikan hadiah pada Aurora. Begitupula dengan Maleficent. Ia datang untuk memberikan kutukan kepada Aurora walaupun Stefan sudah memohon padanya. Tetapi dendam yang disimpan di hati Maleficent begitu besar dan telah mengubah nya menjadi Peri yang sangat jahat. Aurora dikutuk akan tertusuk jarum pemintal dan akan tertidur selamanya seperti orang mati pada saat matahari terbenam di ulang tahunnya yang ke 16,

"Listen well, you all! The princess will indeed grow in grace and beauty. But before the sunset on her sixteenth birthday, she will prick her finger on a spindle of a spinning wheel, and she will fall into a sleep like death!"

Akan tetapi setelah Stefan memohon, Maleficent menyebutkan tidak ada kekuatan apapun di bumi yang dapat mematahkan kutukan itu kecuali ciuman cinta sejati dalam kutukannya.

Maleficent sangat yakin bahwa ciuman cinta sejati tidak akan pernah ada karena pengalamannya dengan Stefan. Aurora di pindahkan ke hutan terpencil dengan dijaga oleh 3 peri (Imelda Staunton, Juno Temple) agar terlindung dari Maleficent.

Aurora (Elle Fanning) pun tumbuh besar menjadi gadis yang sangat cantik dan tetap diawasi oleh Maleficent. Pada saat berumur 16 tahun Aurora bertemu Maleficent secara langsung dan percaya bahwa Maleficent adalah Ibu Peri Penjaga nya. Maleficent pun mulai menyayangi Aurora seperti anaknya sendiri dan menyesal telah mengutuknya. Maleficent sudah berusaha mencabut kutukannya yang diberikannya, tetapi tidak bisa karena kata-katanya sendiri. Tetapi akhirnya Aurora diberi tahu bahwa dia telah dikutuk oleh Maleficent. Aurora sangat kecewa dan kembali kepada ayahnya. Aurora dikurung dalam menara karena pulang lebih cepat agar dia aman. Akan tetapi Kutukan itu tetap terjadi. Aurora terhipnotis untuk menyentuh jarum pemintal. Dan Aurora tertidur seperti mati.

Disisi lain Maleficent mencoba jalan terakhir untuk menyelamatkan Aurora. Dia mengantarkan Pangeran (Brenton Thwaites) yang ditemui Aurora di hutan. Menurutnya pangeran itu mungkin adalah cinta sejatinya. Pangeran pun sampai di kamar Aurora dan mencium Aurora. Aurora tetap tidak bangun. Maleficent yang mengawasi secara diam-diam benar-benar sedih dan mengakui bahwa sisa hati nya yang telah hancur telah direbut oleh Aurora. Maleficent menyayangi Aurora dan ingin Aurora kembali. Maleficent mencium kening Aurora seperti Ibunya sendiri. Dan kutukan itu pun hilang. Aurora terbangun kembali. Dan ternyata ciuman itulah yang dimaksud ciuman kasih sayang sejati. Aurora ingin ikut bersama Maleficent untuk tinggal di Moors. Tetapi ditengah jalan Stefan menyerang Maleficent. Maleficent mengubah Diaval menjadi naga untuk melindunginya tetapi percuma. Aurora bingung dan ketakutan. Dia masuk ke ruangan dimana ayahnya selama ini menyimpan sayap Maleficent dalam peti kaca. Aurora berusaha melepaskannya dan berhasil. Kekuatan Maleficent kembali karena sayapnya kembali. Stefan pun kalah. Maleficent membawa Stefan ke atas menara dan akan membunuhnya. Tetapi tiba-tiba rasa cinta Maleficent kepada Stefan masih tersisa. Maleficent memang masih memiliki hati yang sangat baik. Hanya saja kekecewaan yang merubahnya. Maleficent melepaskan Stefan. Akan tetapi Stefan memanfaatkan kesempatan itu untuk membunuh Maleficent. Dan akhirnya Stefan lah yang terjatuh dari atas menara. Stefan pun meninggal.

Aurora tetap ikut bersama Maleficent karena dia juga sangat menyayangi Maleficent seperti ibunya. Aurora pun diangkat menjadi Ratu Moors dan mereka hidup bahagia selamanya.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]