Malang Post

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Malang Post adalah koran lokal Malang yang mulai terbit pada 1 Agustus 1998. Sejak pertama terbit, Malang Post menempatkan diri sebagai koran dengan muatan lokal lebih banyak. Malang Post menyajikan 80 persen halamannya untuk berita lokal Malang Raya (yaitu Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu) sebagai sajian utama. Pernah dipimpin oleh Husnun N. Djuraid, kini Pemimpin Redaksinya adalah Dewi Yuhana.

Berita yang ditampilkan di antaranya adalah politik lokal, masalah sosial, pendidikan, dan olahraga. Berita olahraga mendapat porsi yang cukup besar, terutama untuk Arema. Selain itu, Malang Post juga memiliki banyak kegiatan off print untuk para pembaca setianya dari berbagai usia dan latar belakang. Untuk anak muda, Malang Post memiliki event pelajar terbesar di Malang Raya, yaitu Malang Post School Competition (MSC) yang digelar sejak 2010. Kegiatan ini diikuti ratusan sekolah dan ribuan siswa serta dihadiri puluhan ribu pengunjung selama empat hari pelaksanaan. Selama tiga tahun terakhir, MSC digelar di Graha Cakrawala UM.

Malang Post juga menjadi pioner penyelenggara senam pada hari Minggu, terbukti dengan gelaran Senam Rampal yang dilaksanakan tiap minggu sejak 2009. Senam Rampal diikuti ribuan peserta dengan 5.000 member aktif.

Saat ini Malang Post terbit 16 halaman dengan sirkulasi di Malang Raya dan sebagian wilayah Jawa Timur. Malang Post adalah anak perusahaan Jawa Pos yang terbit bersamaan dengan kebijakan pemerintah yang memberikan kemudahan untuk penerbitan pers.