Makan mewah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Makan mewah atau santap mewah (Inggris: fine dining) adalah pengalaman menyantap dan menikmati sajian restoran yang bersuasana canggih, unik, dan mahal daripada di rumah makan biasa. Dekorasi rumah makan yang menyediakan pengalaman semacam ini menampilkan bahan bermutu lebih tinggi, dengan tata krama meja dan makan yang diharapkan diikuti oleh pengunjung, terkadang menuntut pengunjung untuk mengikuti aturan berpakaian.

Tempat makan mewah

Penyedia layanan santapan mewah terkadang dapat disebut juga sebagai "rumah makan bertaplak putih", karena secara tradisional menampilkan layanan meja oleh pramusaji, di meja yang dibalut dengan taplak meja putih. Taplak meja digunakan untuk melambangkan pengalaman khas. Kini penggunaan taplak meja putih akhirnya kian menjadi kurang modis, walau begitu layanan dan suasana kelas atas tetap ada.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. Parente, Michele. "https://www.sandiegouniontribune.com/entertainment/dining-and-drinking/sd-et-dining-guide-white-tablecloth-20160930-story.html". San Diego Union Tribune. Retrieved 2019-03-12. Nothing symbolizes fine dining like a white tablecloth. More than just a crisp fabric, the white tablecloth is a restaurant's unstated contract with its clientele, a promise of elevated dishes, world-class wine lists, and superior service. In this era of salvaged-wood, communal-table, shared-plates casual eateries, the white tablecloth is this first thing to be jettisoned. Too stuffy, too snobby, too old, the thinking goes.