Tata krama meja

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Tata krama meja (Inggris: table manners) adalah suatu aturan sopan santun atau tata krama yang dilaksanakan saat hendak makan, yang mungkin juga termasuk penggunaan peralatan makan. Berbeda budaya, berbeda pula tata krama mejanya. Setiap keluarga atau kelompok yang menetapkan standarnya sendiri yaitu tentang seberapa ketat peraturan ini harus diikuti.

Tata krama meja pada sampul Majalah Amerika Serikat tempo dulu.

Eropa barat[sunting | sunting sumber]

Secara tradisional di Eropa Barat, tuan rumah atau nyonya rumah mengambil gigitan pertama kecuali dia memerintahkan sebaliknya. Tuan rumah dimulai setelah semua makanan untuk hidangan itu disajikan dan semua orang duduk. Dalam rumah tangga yang religius, acara makan keluarga dapat dimulai dengan mengucap syukur , atau pada jamuan makan malam para tamu dapat memulai acara makan dengan memberikan beberapa komentar yang baik tentang makanan dan ucapan terima kasih kepada tuan rumah. Dalam situasi makan kelompok dianggap tidak sopan untuk mulai makan sebelum semua kelompok disajikan makanan mereka dan siap untuk memulai.

Serbet harus diletakkan di pangkuan dan tidak diselipkan ke dalam pakaian. Mereka tidak boleh digunakan untuk apa pun selain menyeka mulut dan harus diletakkan di atas kursi jika seseorang perlu meninggalkan meja selama makan, atau diletakkan di atas meja setelah makan selesai.

Garpu dipegang dengan tangan kiri dan pisau dipegang dengan tangan kanan. Garpu biasanya dipegang dengan gigi menghadap ke bawah, menggunakan pisau untuk memotong makanan atau membantu mengarahkan makanan ke garpu. Saat tidak ada pisau yang digunakan, garpu dapat dipegang dengan ujungnya menghadap ke atas. Dengan gigi menghadap ke atas, garpu seimbang di sisi jari telunjuk, dipegang dengan ibu jari dan jari telunjuk. Dalam keadaan apa pun garpu tidak boleh dipegang seperti sekop, dengan semua jari melingkari alasnya. Sesuap makanan harus diangkat dengan garpu dan tidak mengunyah atau menggigit makanan dari garpu. Pisau harus dipegang dengan alas di telapak tangan, bukan seperti pena dengan alas berada di antara ibu jari dan telunjuk. Pisau tidak boleh masuk ke mulut atau dijilat. Saat makansup , sendok dipegang di tangan kanan dan mangkuk dimiringkan menjauh dari tempat makan, menyendok sup dengan gerakan keluar. Sendok sup tidak boleh dimasukkan ke dalam mulut, dan sup harus diseruput dari sisi sendok, bukan ujungnya. Makanan harus selalu dikunyah dengan mulut tertutup. Berbicara dengan makanan di mulut dianggap sangat tidak sopan. Menjilat jari dan makan perlahan juga bisa dianggap tidak sopan.

Makanan harus selalu dicicipi sebelum garam dan merica ditambahkan. Menerapkan bumbu atau bumbu sebelum makanan dicicipi dianggap sebagai penghinaan bagi juru masak, karena hal itu menunjukkan kurangnya kepercayaan pada kemampuan juru masak untuk menyiapkan makanan.

Mentega harus dipotong, bukan dikikis, dari piring mentega menggunakan pisau mentega atau pisau pelat samping dan diletakkan di piring samping, tidak dioleskan langsung ke roti. Ini mencegah mentega di piring mengumpulkan remah-remah roti saat diedarkan. Roti gulung harus dirobek dengan tangan menjadi potongan seukuran mulut dan diolesi mentega satu per satu, dari mentega yang diletakkan di piring samping, menggunakan pisau. Roti tidak boleh digunakan untuk dicelupkan ke dalam sup atau saus. Seperti halnya mentega, keju harus dipotong dan diletakkan di atas piring sebelum dimakan.

Menuangkan minuman sendiri saat makan bersama orang lain dapat diterima, tetapi lebih sopan menawarkan untuk menuangkan minuman kepada orang yang duduk di kedua sisi. Botol anggur tidak boleh dibalik dalam ember es saat kosong.

Tidak sopan menjangkau piring seseorang untuk mengambil makanan atau barang lainnya. Pengunjung harus selalu meminta barang untuk diberikan di sepanjang meja kepada mereka. Dengan nada yang sama, pengunjung yang tidak menggunakan item tersebut harus memberikan item tersebut langsung kepada orang yang meminta, atau kepada orang lain yang dapat memberikannya kepada orang tersebut. Menyeruput makanan, makan dengan berisik, atau membuat keributan dengan peralatan makan juga tidak sopan.

Siku harus tetap di luar meja.

Ketika seseorang selesai makan, terlepas dari apakah piringnya kosong atau tidak, hal ini harus dikomunikasikan kepada orang lain dengan meletakkan pisau dan garpu bersamaan di atas piring pada posisi jam 6 (menghadap ke atas), atau jam 4 posisi jam (menghadap ke arah kurang lebih jam 10). Gigi garpu harus menghadap ke atas. Serbet kalau ada sebaiknya dilipat (jangan terlalu rapi, biar terlihat jelas sudah dipakai) di sebelah kiri piring. Hal ini biasanya terjadi di restoran, di mana dipahami sebagai isyarat oleh pelayan bahwa piring seseorang dapat diambil.

Saat makan keluarga, anak-anak sering kali diharapkan untuk meminta izin meninggalkan meja setelah makan selesai.

Jika telepon seluler (atau perangkat modern lainnya) berdering atau jika pesan teks diterima, pengunjung harus mengabaikan panggilan tersebut. Dalam kasus luar biasa di mana pengunjung merasa panggilan tersebut mungkin bersifat mendesak, mereka harus meminta izin, meninggalkan ruangan dan menerima panggilan (atau membaca pesan teks) dari pendengaran pengunjung lainnya. Meletakkan ponsel, kunci, tas tangan, atau dompet di atas meja makan dianggap tidak sopan.

Amerika utara[sunting | sunting sumber]

Tata krama modern menyediakan jumlah dan jenis peralatan terkecil yang diperlukan untuk makan. Hanya peralatan yang akan digunakan untuk makan yang direncanakan yang harus diatur. Bahkan jika diperlukan, tuan rumah tidak boleh memiliki lebih dari tiga alat makan di kedua sisi piring sebelum makan. Jika diperlukan peralatan tambahan, peralatan tersebut dapat dibawa ke meja bersama dengan hidangan selanjutnya.

Taplak meja yang memanjang 10–15 inci melewati tepi meja harus digunakan untuk makan malam formal, sedangkan alas piring dapat digunakan untuk sarapan, makan siang, dan makan malam informal. Tempat lilin, meskipun tidak menyala, tidak boleh diletakkan di atas meja saat makan siang pada siang hari. Di beberapa restoran, wanita mungkin dimintai pesanannya sebelum pria.

Topi pria dan unisex tidak boleh dipakai di meja. Topi wanita boleh dipakai siang hari jika mengunjungi orang lain.

Telepon dan barang-barang yang mengganggu lainnya tidak boleh digunakan di meja makan. Membaca di meja hanya diperbolehkan saat sarapan, kecuali pengunjung sedang sendirian. Hal-hal yang mendesak harus ditangani, setelah permintaan maaf, dengan menjauh dari meja.

Jika makanan harus dikeluarkan dari mulut karena alasan tertentu—lubang, tulang, atau rawan—aturan praktisnya, menurut Emily Post, adalah keluar dengan cara yang sama saat masuk. Misalnya, jika buah zaitun dimakan oleh tangan, lubang dapat dilepas dengan tangan. Jika zaitun dalam salad dimakan dengan garpu, bijinya harus dimasukkan kembali ke garpu di dalam mulut seseorang, dan kemudian diletakkan di atas piring. Hal yang sama berlaku untuk tulang kecil atau potongan rawan dalam makanan. Restoran tidak boleh meludahi serbet, tentu saja bukan serbet kain. Karena serbet selalu diletakkan di pangkuan dan diangkat hanya untuk menyeka mulut seseorang, makanan yang tersembunyi mungkin secara tidak sengaja jatuh ke pangkuan atau ke lantai tuan rumah. Makanan yang tidak disukai harus ditelan.

Saat makan sup atau makanan lain yang disajikan dengan mangkuk dan sendok, sendok selalu didorong menjauhi diri sendiri, bukannya ditarik ke arah diri sendiri. Makanan tidak pernah dihirup. Ini berasal dari pandangan aristokrat bahwa menarik sendok ke arah diri sendiri menggambarkan gambaran negatif tentang kelaparan dan kerakusan.

Garpu dapat digunakan dalam gaya Amerika (di tangan kiri saat memotong dan di tangan kanan untuk mengambil makanan) atau gaya Kontinental Eropa (garpu selalu di tangan kiri). (Lihat etiket Garpu ) Serbet harus dibiarkan di kursi hanya saat pergi sementara. Saat meninggalkan meja di akhir makan, serbet diletakkan dengan longgar di atas meja di sebelah kiri piring.

India[sunting | sunting sumber]

Dalam taya krama formal, tuan rumah meminta para tamu untuk memulai makan. Umumnya, seseorang tidak boleh meninggalkan meja sebelum tuan rumah atau orang tertua menghabiskan makanannya. Juga dianggap tidak sopan untuk meninggalkan meja tanpa meminta izin tuan rumah atau orang yang lebih tua. Biasanya siapa pun yang menyelesaikan lebih dulu akan menunggu yang lain dan setelah semua orang selesai semua meninggalkan meja.

Dalam tata krama meja tradisional India, hal berikut diamati. Biasanya piring disajikan dengan jumlah kecil dari semua makanan.

Aturan utama makan adalah menggunakan tangan kanan saat makan atau menerima makanan. Tidak pantas menyentuh peralatan komunal dengan tangan yang digunakan untuk makan. Jika tangan kanan digunakan untuk makan, maka tangan kiri harus digunakan untuk melayani diri sendiri dari peralatan umum. Mencuci tangan, baik sebelum duduk di meja maupun setelah makan, adalah penting.

Sejumlah kecil makanan diambil sekaligus, memastikan bahwa makanan tidak terbuang percuma. Dianggap penting untuk menghabiskan setiap item di piring untuk menghormati makanan yang disajikan. Secara tradisional, makanan harus dimakan begitu disajikan, tanpa meminta garam atau merica. Namun, sekarang dapat diterima untuk mengungkapkan preferensi pribadi untuk garam atau merica dan memintanya.

Mendistorsi atau bermain-main dengan makanan tidak dapat diterima. Makan dengan kecepatan sedang itu penting, karena makan terlalu lambat dapat menyiratkan ketidaksukaan terhadap makanan dan makan terlalu cepat dianggap tidak sopan. Secara umum, bersendawa, menyeruput saat berada di meja diperbolehkan. Menatap piring pengunjung lain juga dianggap tidak sopan. Tidak pantas mengeluarkan suara saat mengunyah. Makanan India tertentu dapat mengeluarkan suara, jadi penting untuk menutup mulut dan mengunyah dengan kecepatan sedang.

Di meja makan, perhatian harus diberikan pada perilaku tertentu yang mungkin menunjukkan gangguan atau kekasaran. Menjawab panggilan telepon, mengirim pesan, dan menggunakan bahasa yang tidak pantas dianggap tidak pantas saat makan dan saat orang tua hadir.

Cina[sunting | sunting sumber]

Tempat duduk dan pelayanan kebiasaan memainkan peran penting dalam tata krama meja Cina. Misalnya, pengunjung tidak boleh duduk atau mulai makan sebelum tuan rumah (atau tamu kehormatan) melakukannya. Saat semua orang sudah duduk, tuan rumah menawarkan untuk menuangkan teh, dimulai dengan cangkir orang tertua. Orang termuda dilayani terakhir sebagai tanda penghormatan kepada yang lebih tua.

Sama seperti dalam budaya Barat, peralatan komunal (sumpit dan sendok) digunakan untuk membawa makanan dari piring komunal ke mangkuk (atau piring) individu sendiri. Dianggap tidak sopan dan tidak higienis jika seorang pengunjung menggunakan sumpitnya sendiri untuk mengambil makanan dari mangkuk dan piring umum saat peralatan tersebut ada. Perilaku kasar lainnya dengan sumpit termasuk memainkannya, memisahkannya dengan cara apa pun (seperti memegangnya di masing-masing tangan), menusuk makanan dengannya, atau meletakkannya secara vertikal di piring makanan. (Yang terakhir ini sangat kasar, membangkitkan gambar dupa atau dupa yang digunakan secara seremonial di pemakaman). Mangkuk nasi dapat diangkat dengan satu tangan untuk menyendok nasi ke dalam mulut dengan sumpit. Juga dianggap tidak sopan untuk mencari bagian yang lebih disukai di atas piring daripada mengambil bagian yang paling dekat dengan restoran sebagai simbol keadilan dan berbagi kepada orang lain.

Sepotong makanan terakhir di piring komunal tidak pernah disajikan untuk diri sendiri tanpa meminta izin. Saat ditawari makanan terakhir, menolak tawaran itu dianggap tidak sopan. Dianggap berbudi luhur bagi pengunjung untuk tidak meninggalkan sedikit pun makanan di piring atau mangkuk mereka. Bumbu, seperti kecap asin atau saus bebek, mungkin tidak disediakan secara rutin di restoran berkualitas tinggi. Asumsinya adalah bahwa makanan yang disiapkan dengan sempurna tidak memerlukan bumbu dan kualitas makanan dapat diapresiasi dengan baik.

Korea[sunting | sunting sumber]

Dalam pengaturan meja formal, makan dimulai ketika pengunjung tertua atau paling senior di meja mengambil salah satu makanan di atas meja. Sebelum mengambil bagian, niat untuk menikmati makanan mereka harus diungkapkan. Demikian pula, kepuasan atau kenikmatan makan itu harus dinyatakan pada saat selesai. Kadang-kadang, ada beberapa hidangan yang memerlukan pemasakan atau penyajian tambahan di meja. Dalam hal ini, pengunjung dewasa termuda atau terendah harus melakukan tugas ini. Saat melayani, pengunjung disajikan makanan dan minuman dalam urutan menurun mulai dari pengunjung tertua atau peringkat tertinggi hingga termuda atau peringkat terendah.

Nasi selalu dikonsumsi dengan sendok dan tidak pernah dengan sumpit dalam suasana formal. Mengambil piring atau mangkuk seseorang dan membawanya ke mulut dianggap tidak sopan.

Biasanya, pengunjung akan memiliki semangkuk sup di sebelah kanan dengan semangkuk nasi di sebelah kirinya. Sebagai alternatif, sup dapat disajikan dalam satu panci komunal besar untuk dikonsumsi langsung atau disendok ke dalam mangkuk individu. Peralatan makan akan mencakup sepasang sumpit dan sendok. Etiket sumpit umum harus diikuti, tetapi nasi biasanya dimakan dengan sendok, bukan sumpit. Seringkali beberapa bentuk protein (daging, unggas, ikan) akan disajikan sebagai hidangan utama dan diletakkan di tengah meja dalam jangkauan pengunjung. Banchan juga akan didistribusikan ke seluruh meja. Jika dimakan dengan sendok, banchandiletakkan di atas sesendok nasi sebelum masuk ke mulut. Dengan sumpit, bagaimanapun, itu diumpankan ke mulut secara langsung. Potongan makanan terakhir di piring komunal tidak boleh disajikan untuk diri sendiri tanpa terlebih dahulu meminta izin, tetapi, jika ditawari potongan makanan terakhir di piring komunal, menolak tawaran itu dianggap tidak sopan. Mangkuk nasi atau sup tidak boleh diambil dari meja saat makan, pengecualian dibuat untuk mangkuk besar sup mie Korea . Menyeruput sambil makan mie dan sup pada umumnya dapat diterima. Tidak jarang mengunyah dengan mulut terbuka.

Jika alkohol disajikan bersama makanan, biasanya saat alkohol disajikan pertama kali untuk pengunjung tertua/berperingkat tertinggi untuk bersulang dan pengunjung mendentingkan gelas mereka bersama sebelum minum. Dentingan gelas sering dilakukan sepanjang makan. Tuan rumah tidak boleh menyajikan alkohol untuk dirinya sendiri. Demikian pula, minum sendirian dianggap tidak sopan. Alih-alih, ikuti pengunjung lain dan sajikan dan sajikan alkohol. Alkohol harus selalu disajikan kepada pengunjung yang lebih tua dan berpangkat lebih tinggi dengan kedua tangan, dan pengunjung yang lebih muda atau berpangkat lebih rendah dapat memalingkan muka dari pengunjung lain saat meminum alkohol.