Lompat ke isi

Makam Syekh Abdul Mannan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Makam Syekh Abdul Mannan adalah makam tokoh bersejarah Syekh Abdul Mannan yang terletak di Majene, Sulawesi Barat. Makam ini terletak di sebelah utara perkampungan Salabose. Makam utama mengandung jenazah Syech Abdul Mannan beserta istrinya, yang berada di dalam sebuah cungkup. Makam ini dilindungi sebuah tembok di bagian selatan dan membuka ke jurang di arah utara.[1]

Makam ini adalah situs budaya menurut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.[2] Makam ini sering menjadi obyek spiritual bagi masyarakat Salabose dan Mandar secara lebih umum.

Letak[sunting | sunting sumber]

Makam Syekh Abdul Mannan terletak di sebelah utara perkampungan Salabose, di antara pemakaman tua dan baru yang dikhususkan bagi warga Salabose. Jalan menuju makam ini dapat dilalui kendaraan roda dua dan empat.

Kompleks dan makam[sunting | sunting sumber]

Kompleks makam itu sendiri berluas 900 meter persegi (22 x 45 meter), yang dijaga melalui sebuah ruang gerbang berukuran 20 meter persegi. Dari titik ini, menuju makam utama harus melewati jalan setapak sejauh 18 meter.

Setelah melewati jalan setapak, dapat ditemukan sebuah cungkup berukuran 100 meter persegi yang merupakan makam utama Syekh Abdul Mannan. Di dalamnya terdapat makam Syekh Abdul Mannan, dua istri dan seorang anaknya. Nisannya berbentuk hulu keris dan di kaki makam terdapat bentuk gadah, kekhasan makam di daerah Mandar seperti Majene dan Polewali atau Mamasa.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ La Sakka (22 April 2014). "Arkeologi Makam Syech Abdul Mannan di Salabose". Pusaka: Jurnal Khazanah Keagamaan. 2 (1): 93. doi:https://doi.org/10.31969/pusaka.v2i1.122 Periksa nilai |doi= (bantuan). Diakses tanggal 26 Mei 2024. 
  2. ^ Purnamasari, Anggi. "Daftar Situs Sulawesi Barat". Diakses tanggal 26 Mei 2024. 
  3. ^ La Sakka (22 April 2014). "Arkeologi Makam Syech Abdul Mannan di Salabose". Pusaka: Jurnal Khazanah Keagamaan. 2 (1): 93. doi:https://doi.org/10.31969/pusaka.v2i1.122 Periksa nilai |doi= (bantuan). Diakses tanggal 26 Mei 2024.