Makam Raja Boni

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Makam Raja Boni
浡泥国王墓
Jalan jiwa di Makam Raja Boni
Peta
Informasi umum
JenisMakam
AlamatNo.9, Jalan Weijiu di Huacun, kaki gunung selatan Gunung Kura-Kura
KotaDistrik Yuhuatai, Nanjing, provinsi Jiangsu
NegaraTiongkok
RampungAbad ke-15
Makam Raja Boni
Hanzi sederhana: 浡泥国王墓

Makam Raja Boni, yang dibangun pada awal abad ke-15, adalah makam Manarejiana 麻那惹加那, penguasa Boni, sebuah negara di pulau Borneo, yang dianggap oleh beberapa orang sebagai pendahulu dari kesultanan Brunei pada masa sekarang. Makamnya terletak di dalam sebuah taman di kaki bukit selatan Gunung Kura-Kura (Guishan), sekitar 3 km dari selatan gerbang selatan kota berdinding Nanjing. Alamat jalannya adalah No.9, Jalan Weijiu di Huacun; tempat ini berada di timur Subdistrik Tiexinqiao, di distrik Yuhuatai, Nanjing, provinsi Jiangsu, Tiongkok.

Makam tersebut diselesaikan pada masa pemerintahan Kaisar Yongle di dinasti Ming. Sebagai salah satu dari dua makam penguasa asing di Tiongkok (yang lainnya adalah Makam Raja Sulu di Dezhou, Shandong),[1][2] tempat tersebut menjadi sebuah situs warisan berpengaruh dibawah perlindungan negara.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Nama dari negara tersebut tercatat pada catatan awal dinasti Ming sebagai "Boni" yang merupakan sebuah negara di Pulau Borneo. Pada waktu itu, raja mereka datang ke Nanjing, "Boni" memiliki sejarah kontak dengan Tiongkok yang panjang, dan telah mengirim perwakilan pada masa dinasti Song Utara.[3][4]

Kematian Karna[sunting | sunting sumber]

Paviliin dengan patung berbentuk kura-kura di tempat peringatan Raja Boni

Pada Agustus 1408 (tahun keenam pemerintahan Yongle), Manarejiananai, penguasa Boni, dan para pengikutnya mendatangi ibu kota Kekaisaran Ming Nanjing, untuk menghadiri dewan kekaisaran. Ia jatuh sakit setelah ia tinggal di Nanjing selama sebulan. Ia berusia 28 tahun ketika ia meninggal di tempat tinggalnya di bulan kesepuluh kalender bulan.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Lebih lanjut, terdapat sebuah cenotaph Raja Taksin dari Siam di Chenghai, provinsi Guangdong.
  2. ^ "南京城外的古浡泥国王墓(Makam Kuno Raja Boni di Luar Kota Nanjing)". 中国旅游报数字报. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-07-14. Diakses tanggal 31 Januari 2011. 
  3. ^ (Qing) Zhang Tingyu (張廷玉); et al. (1974). 明史 (‘’Sejarah Ming’’) (dalam bahasa Chinese). Beijing: Zhonghua Book Company. ISBN 7101003273. 
  4. ^ (Ming) Yan Congjian (严从简) (editor) (1993). 殊域周咨錄 (‘’The Record of General Condition of Various Foreign Countries for Consultation’’) (dalam bahasa Chinese). Beijing: Zhonghua Book Company. ISBN 7101006078. 

Bacaan tambahan[sunting | sunting sumber]