Makam Akbar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Gerbang masuk utama ke makam Akbar

Makam Akbar adalah sebuah karya arsitektur yang penting dari Kekaisaran Mughal.[1] Kuburan Akbar dibangun antara tahun 1605 sampai 1618.[1] kuburan Akbar memiliki keunikan yang membedakan kuburan ini dengan makam raja - raja Muslim terkenal di seluruh dunia, Makam Akbar menghadap ke arah matahari, bukannya Mekkah.[1]

Makam ini terletak di Sikandria, memiliki luas bangunan 119 hektar. Raja Akbar menyukai kebun, hal ini terlihat dari makam utama yang dikelilingi oleh taman yang indah yang dirancang oleh Raja Akbar sendiri. Makam istrinya (Mariam uz - Zamani) juga terletak di Sikandria sekitar satu kilometer dari Makam Raja Akbar.

Arsitektur[sunting | sunting sumber]

Makam Akbar terdiri dari menara tiga lantai, merupakan fitur paling khas dari arsitektur islam.[2] Fitur penting lainnya dari arsitektur Mughal terlihat dari konstruksi bangunan yang merupakan kombinasi dari batu pasir merah dan marmer.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c "Akbar's Tomb | Tomb of Akbar in Agra | Sikandra Complex history, images". www.holidify.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-05-25. 
  2. ^ "Akbar's Tomb at Sikandra, Information On The Akbar's Tomb at Sikandra". www.indianholiday.com. Diakses tanggal 2018-05-25.