Major duodenal papilla

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Major duodenal papilla
Interior of the descending portion of the duodenum, showing bile papilla.
The pancreatic duct.
Rincian
Pengidentifikasi
Bahasa Latinpapilla duodeni major
TA98A05.6.02.015
TA22955
FMA15074
Daftar istilah anatomi

Papila duodenum utama (papilla Vater) adalah tonjolan bulat di duodenum mana saluran empedu dan saluran pankreas mengalir. Papila duodenum utama, pada kebanyakan orang, merupakan mekanisme utama untuk sekresi empedu dan enzim lain yang memfasilitasi pencernaan.

Struktur[sunting | sunting sumber]

Papila duodenum utama terletak di bagian keduaduodenum, 7–10 cm daripilorus, setinggi vertebra lumbaliskedua atau ketiga. Itu dikelilingi olehsfingter Oddi, otot, dan menerima campuran enzim pankreas danempedudariAmpula Vater, yang mengalirkansaluran pankreasdansistem bilier. Persimpangan antaraususdepan danusus tengahterjadi tepat di bawah papila duodenum utama. : 274 Papila duodenum utama menonjol kurang dari satu sentimeter ke dalamlumenusus duabelas jari. Tampak bulat dan sering ditutup oleh lipatan di sisi paling atas papila; yaitu, sisi yang menerima isi dari lambung.

Papila duodenum utama terlihat dari duodenum sebagai terletak di dalam lipatanmukosa . papiladuodenum minorterletak 2 cm proksimal.

Variasi[sunting | sunting sumber]

Papila duodenum utama kadang-kadang ditemukan di perempatan antara bagian desendens dan duodenum horizontal, atau di bagian horizontal duodenum; sebuah studi kasus dari 1000 orang menunjukkan hal ini dalam 12 dan 8% masing-masing. di bagian ketiga duodenum, tingkat vertebra mungkin L2-3, dan pada sekitar 10% orang, mungkin tidak menerimaempedu. Selain itu, pada sejumlah kecil orang, papila utama untuk membuat aplikasi pankreas mungkin sebenarnya adalahduktus pankreatikus aksesorius.

Fungsi[sunting | sunting sumber]

Enzim pankreas dan empedu mengalir ke duodenum darisaluran pankreasdansistem bilier. Ini memfasilitasi makanan; protein (enzim pankreas terutama), dan vitamin yang larut dalam lemak (empedu).

Signifikansi klinis[sunting | sunting sumber]

Papila minor mengalirkan duktus Santorini, posisinya lebih tinggi dari papila mayor. Pada divisum pankreas, di mana papila minor mengalirkan sebagian besar sekresi pankreas dan sebagian besar mengalirkan sebagian kecil sekresi (berlawanan dengan normal), Santorinikel dapat berkembang yang menyebabkan terhambatnya sekresi/refluks yang mengakibatkan pankreatitis.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Papila duodenum utama pertama kali diilustrasikan olehGottfreid Bidloopada tahun 1685, meskipun kadang-kadang disebut papila Vater , setelahahli anatomi Jerman Abraham Vater.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Skandalakis, editor in chief John E. (2004). Skandalakis' surgical anatomy : the embryologic and anatomic basis of modern surgery. Athens, Greece: PMP. hlm. Chapter 16: Small Intestine; Chapter 21:Pancreas, sections titled "Major duodenal papilla". ISBN 9603990744.