Main One (sistem kabel)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Main One
Pemilik:
Main Street Technologies
Titik pendaratan
Panjang total14.000 km
TopologiInduk dan cabang
Kapasitas maksimum1280 Gbit/detik
Kapasitas terkinin/a
TeknologiSerat optik
Kiriman pertama22 Juli 2010

Main One Cable adalah kabel komunikasi bawah laut yang membentang dari Portugal hingga Afrika Selatan dengan titik pendaratan di beberapa negara di Afrika Barat. Pada tanggal 28 April 2008, Main Street Technologies memberikan kontrak suplai Main One Cable System kepada Tyco Telecommunications.

Sistem kabel ini membentang sepanjang 14.000 km dan menyediakan kapasitas tambahan koneksi internasional dan koneksi Internet ke negara-negara antara Portugal dan Afrika Selatan di pesisir barat benua Afrika. Proyek kabel bawah laut ini dibangun dalam dua tahap, keduanya dijadwalkan selesai tahun 2010. Dua pasang kabel serat optik DWDM berkapasitas 1,28-Tbit/detik menghubungkan Nigeria, Ghana, dan Portugal pada tahap pertama dengan sambungan melintasi Portugal ke Eropa, Asia, dan Amerika. Sistem kabel tahap pertama memiliki panjang 6.900 kilometer. Sambungan pelengkap ke Angola dan Afrika Selatan dibangun pada tahap kedua.

Main One menghadirkan koneksi internasional ke wilayah yang mengalami pertumbuhan populasi telekomunikasi pada awal abad ke-21, tetapi aksesnya masih terbatas akibat kapasitas kabel internasional yang kecil. Sistem ini dikembangkan oleh Main Street Technologies yang berkantor pusat di Lagos, Nigeria. Siaran pers tanggal 10 Oktober 2008 menyatakan bahwa studi dan rekayasa sistem ini telah rampung. Pada 22 Juli 2010, kabel ini diluncurkan.

Pengelolaan proyek dan rekayasa sistem kabel ini ditangani oleh firma konsultasi bawah laut Pioneer Consulting.[1]

Titik pendaratan[sunting | sunting sumber]

Main One tahap pertama

Sistem kabel Main One memiliki titik pendaratan di kota-kota berikut (per Juli 2010):[2]

Rencana titik pendaratan untuk tahap kedua adalah:

Dampak[sunting | sunting sumber]

Sistem Main One Cable akan memberikan akses terbuka kepada operator telekomunikasi dan penyedia jasa Internet setempat dengan harga kurang dari 20% harga pita lebar interansional saat ini di Afrika Barat yang tersedia melalui SAT3 atau penyedia jasa satelit. Main Street mengatakan bahwa perusahaannya akan mendorong pengembangan konten lokal melalui transfer ilmu teknologi jaringan kritis dan menciptakan lapangan pekerjaan melalui pembangunan pusat operasional jaringan Main One di Nigeria.[3]

Kepemilikan[sunting | sunting sumber]

Kabel ini dimiliki oleh perusahaan swasta Main Street Technologies, sejumlah investor internasional seperti Africa Finance Corporation dan Pan-African Infrastructure Development Fund (PAIDF), dan dua bank Nigeria.

Kemajuan[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 28 April 2008, Main Street Technologies memberikan kontrak suplai Main One Cable System kepada Tyco Telecommunications.[4] Siaran pers tanggal 10 Oktober 2008 menyatakan bahwa studi dan rekayasa sistem ini telah rampung.[5] Pada tanggal 1 Juli 2010, Main One selesai dibangun dan diaktifkan.[6] The cable went live on July 22, 2010.[7]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Sistem kabel lainnya di pesisir barat Afrika adalah:

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

Sumber[sunting | sunting sumber]