Maimaid

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Maimaid
PT Sachihiro Digitama Indonesia
Perusahaan Terbatas Publik
IndustriTeknologi Informasi Jasa
Didirikan10 Januari 2019, Jakarta,Indonesia, Indonesia
Pendiri
Kantor
pusat
,
Wilayah operasi
Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya
Tokoh
kunci
ProdukJasa Pencari Pekerja
Situs webwww.maimaid.id

Maimaid merupakan sebuah perusahaan teknologi asal Indonesia yang melayani jasa kebutuhan Pekerja Rumah Tangga melalui Application dan website. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2019 di Jakarta oleh Danniel Siswanto. Saat ini, Maimaid di Indonesia, Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Semarang. Hingga bulan October 2020, aplikasi Maimaid sudah diunduh sebanyak hampir 2000 kali di Google Play pada sistem operasi Android,dan akan segera launching di App Store. Maimaid juga mempunyai layanan pembayaran digital yang bernama MaiPay. Maimaid berencana untuk hadir di seluruh kota di Indonesia dalam tahun-tahun berikutnya.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Maimaid didirikan oleh Danniel Siswanto, warga negara Indonesia lulusan Business Management dari salah satu universitas swasta di Jakarta. Ide mendirikan Maimaid muncul dari pengalaman pribadi Danniel Siswanto menggunakan jasa PRT di rumahnya. Minimnya pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki oleh PRT kala itu memicu keinginan Danniel untuk meningkatkan standar pelayanan pada pekerja rumah tangga yang selama ini kurang mendapatkan perhatian dari berbagai pihak terutama pemerintah.

Pekerja rumah tangga sering kali dianggap sebelah mata karena tidak memiliki keterampilan dan standar baku yang berlaku, sehingga sering sekali terjadi kejadian yang tidak diinginkan selama bekerja seperti pemerkosaan dan penyekapan oleh majikan. Begitu juga dengan pelanggan atau majikan yang memperkerjakan PRT tanpa ada standar perekrutan dan jaminan keamanan, sehingga tidak jarang terjadi kasus pencurian,perampokan bahkan pembunuhan yang dilakukan oleh pekerja yang bekerja dirumah mereka. Dari pengalamannya tersebut, Danniel Siswanto melihat adanya peluang untuk membuat sebuah layanan yang dapat menghubungkan pengguna jasa dengan pekerja rumah tangga dengan aturan dan standar keamanan yang telah diterapkan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan keamanan dikedua sisi.

Pada tanggal 10 Januari 2019, Maimaid resmi dibangun dan mulai dipersiapkan untuk melakukan pelayanan secara offline kemudian pada tanggal 5 Mei 2019 Maimaid resmi beroperasi dengan 5 orang pekerja rumah tangga serta 5 orang team. Pada saat itu, Maimaid masih mengandalkan call center untuk menghubungkan pencari pekerja dengan pekerja. Pada pertengahan 2020, karena tingginya permintaan kala itu, Maimaid mulai beroperasi di kota Bandung, Jawa Barat.

Daerah layanan[sunting | sunting sumber]

Maimaid telah tersedia di Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Semarang. Ke depan Maimaid akan hadir di lebih banyak kota di Indonesia dan secara perlahan mengjangkau seluruh Indonesia.

Fitur dan layanan[sunting | sunting sumber]

  1. ART atau dulu dikenal sebagai PRT (Asisten Rumah Tangga / Pembantu Rumah Tangga), layanan penyedia pekerja rumah tangga (Tersedia di Indonesia)
  2. BabySitter, layanan Perawat dan penjaga anak (Tersedia di Indonesia)
  3. Supir Pribadi / Driver (Tersedia di Indonesia)
  4. Butler, layanan Manager Rumah Tangga (Tersedia di Indonesia)
  5. Therapis, layanan Kesehatan dan kecantikan (Tersedia di Indonesia)