Mahavatar Babaji

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Mahavatar Babaji, lukisan dari Autobiography of a Yogi

Mahavatar Babaji adalah orang suci agama Hindu, yogi, dan pahlawan budaya legendaris. Riwayat hidupnya pertama kali didokumentasikan oleh Paramahansa Yogananda dalam bukunya Autobiography of a Yogi (1946). Menurut Yogananda, Mahavatar Babaji adalah guru dari Lahiri Mahasaya dan merupakan titisan Dewa Wisnu.
Babaji berada di daerah pegunungan Himalaya paling utara sejak puluhan abad, bahkan beberapa milenia. Tak pernah mati, beliau adalah seorang Mahaavatara. Dalam naskah-naskah kuno di Timur, ada istilah siddha-Ia yang telah mencapai kesempurnaan,Ia yang bebas total, tidak perlu lahir kembali. Namun, apabila ia lahir kembali, ia akan di sebutAvatara-ia turun dari ketinggian yang telah dicapainya, untuk memberkati dunia ini .
Lahiri Mahasaya memperoleh Inisiasi Kriya Yoga dari Babaji dan disebarkan ke seluruh dunia oleh Paramhansa Yogananda. Kriya berasal dari suku kata kri dalam bahasa Sanskerta, yang berarti tindakan, kegiatan, upaya. Kriya Yoga berarti,Persatuan dengan Yang Tak Terbatas lewat Upaya. Seorang Yogi yang mempraktekkan Kriya Yoga dengan kesungguhan serta ketulusan hati bisa terbebaskan dari Hukum Karma, hukum sebab akbat.

Referensi[sunting | sunting sumber]

1.Meniti Kehidupan Bersama Para Yogi, Fakir dan Mistik, Otobiografi Paramhansa Yogananda, 1999, Anand Krishna


Pranala luar[sunting | sunting sumber]