Macet (komputasi)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Dalam komputasi, macet (Inggris: hang) terjadi ketika suatu proses atau sistem berhenti menanggap masukan. Contoh umumnya adalah ketika antarmuka pengguna grafis komputer (seperti Microsoft Windows)[a] tidak lagi menanggap pengguna yang mengetik di papan ketik atau menggerakkan tetikus. Istilah ini mencakup berbagai perilaku di kelayan dan peladen, dan tidak terbatas pada masalah antarmuka pengguna grafis.

Macet memiliki beragam penyebab dan gejala, termasuk cacat peranti lunak atau peranti keras, seperti simpul tak terbatas atau komputasi tanpa gangguan yang berjalan lama, kehabisan sumber daya (deraan), kinerja peranti keras yang buruk (throttling), kejadian eksternal seperti jejaring komputer yang lambat, kesalahan konfigurasi, dan masalah kompatibilitas. Alasan mendasarnya biasanya adalah kehabisan sumber daya: sumber daya yang diperlukan untuk menjalankan beberapa bagian sistem tidak tersedia, karena sedang digunakan oleh proses lain atau tidak mencukupi. Seringkali penyebabnya adalah interaksi berbagai faktor, sehingga istilah "macet" menjadi istilah umum yang longgar dan bukan istilah teknis.

Macet mungkin bersifat sementara jika disebabkan oleh kondisi yang dapat teratasi dengan sendirinya, seperti peranti keras yang lambat, atau mungkin bersifat permanen dan memerlukan intervensi manual, seperti dalam kasus kesalahan logika peranti keras atau peranti lunak. Banyak sistem operasi modern memberi pengguna sarana untuk menghentikan secara paksa program yang macet tanpa mulai-awal ulang atau keluar; beberapa sistem operasi, seperti yang dirancang untuk perangkat seluler, bahkan mungkin melakukan ini secara otomatis. Pada hang yang lebih parah yang memengaruhi keseluruhan sistem, satu-satunya solusi adalah dengan melakukan mulai-awal ulang mesin, biasanya dengan melakukan perputaran daya dengan tombol mati/hidup atau atur ulang.

Referensi[sunting | sunting sumber]


Kesalahan pengutipan: Ditemukan tag <ref> untuk kelompok bernama "lower-alpha", tapi tidak ditemukan tag <references group="lower-alpha"/> yang berkaitan