Mulai-awal ulang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Dalam komputasi, mulai-awal ulang adalah proses memulai ulang sistem komputer yang sedang berjalan, baik secara sengaja maupun tidak sengaja. Mulai-awal ulang dapat berupa mulai-awal ulang dingin (atau dikenal sebagai mulai-awal ulang keras) yang mana daya ke sistem dimatikan secara fisik dan dihidupkan kembali (menyebabkan booting awal pada mesin); atau mulai-awal ulang panas (atau mulai-awal ulang lunak ) di mana sistem dimulai ulang saat masih menyala. Istilah mulai ulang (sebagai perintah sistem) digunakan untuk merujuk pada reboot ketika sistem operasi menutup semua program dan menyelesaikan semua operasi masukan dan keluaran yang tertunda sebelum memulai-awal ulang lunak.

Hibernasi[sunting | sunting sumber]

Pengenalan manajemen daya tingkat lanjut memungkinkan sistem operasi mengontrol lebih besar fitur manajemen daya perangkat keras. Dengan Konfigurasi Lanjutan dan Antarmuka Daya (ACPI), sistem operasi yang lebih baru dapat mengelola status daya yang berbeda sehingga masuk ke mode tidur dan/atau hibernasi . Meskipun hibernasi juga melibatkan mematikan sistem lalu menghidupkannya kembali, sistem operasi tidak memulai dari awal, sehingga membedakan proses ini dari mulai-awal ulang.

Mulai-awal ulang tersimulasi[sunting | sunting sumber]

Mulai-awal ulang dapat disimulasikan oleh perangkat lunak yang berjalan pada sistem operasi. Misalnya: utilitas Sysinternals BlueScreen, yang digunakan untuk mengerjai; atau beberapa modebsod XScreenSaver "retas", untuk hiburan (walaupun sekilas mungkin mengkhawatirkan). Perangkat pembahaya juga dapat melakukan simulasi mulai-awal ulang, dan dengan demikian menipu pengguna komputer untuk tujuan jahat.

Alat pengurutan Microsoft App-V menangkap semua operasi sistem berkas pemasang untuk membuat paket perangkat lunak tervirtualisasi bagi pengguna. Sebagai bagian dari proses pengurutan, ini akan mendeteksi kapan penginstal memerlukan mulai-awal ulang, menghentikan mulai-awal ulang yang dipicu, dan sebagai gantinya menyimulasikan mulai-awal ulang yang diperlukan dengan memulai ulang layanan dan memuat/membongkar pustaka.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Microsoft App-V 4.6 SP1 Sequencing Guide