Mac OS X86

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Mac OS X86 adalah sebuah sistem operasi yang merupakan hasil hacking dengan dasar Mac OS X versi Intel. Tujuannya ialah menghadirkan sistem operasi Mac OS X kepada pengguna PC Intel. Setelah bertahun-tahun Apple dipasarkan dengan platform PowerPC dan sudah bertahun-tahun pula antusias Mac yang menggunakan PC ingin merasakan nuansa Apple Mac pada komputernya. Tepatnya bulan Juni 2005 Apple mengumumkan bahwa platform PowerPC akan ditinggalkan dan berubah ke platform Intel. Hal ini diungkapkan pada Worldwide Developers Conference.

Bocoran sistem operasi ini yang pertama adalah versi 10.4.1 yang merupakan produk yang di hack dari Developers DVD. Usaha-usaha pertama adalah mem-bypass chip Trusted Platform Module (TPM) yang seharusnya tersedia pada paket Apple Developer Transition Kit. Rosetta (teknologi untuk mengemulasi software PowerPC pada platform Intel) merupakan salah satu bagian dari sistem operasi tersebut yang menggunakan chip TPM. Tidak berhenti sampai disitu, salah satu kebutuhan dari Rosetta adalah SSE3 yang tidak tersedia pada prosesor Intel lawas sehingga lahirlah patch untuk prosesor SSE2 supaya bisa berfungsi. Hal ini dilakukan dengan mengorbankan performa komputer yang menurun jauh ketika tidak ada dukungan SSE3.

Ketika versi 10.4.3 diluncurkan kepada pengembang oleh Apple, di dalamnya terdapat dukungan mikroprosesor NX bit. Tidak lama kemudian limitasi ini berhasil ditembus oleh komunitas Mac OS X86.

Pada tanggal 10 Januari 2006, Apple meluncurkan versi 10.4.4 bersama dengan produk Apple Mac pertama yang berbasis Intel. Komputer-komputer ini menggunakan Extensible Firmware Interface (EFI) dibandingkan dengan PC biasa yang menggunakan Basic Input Output System (BIOS). Pada 14 Februari 2006, seorang pengguna Mac OS X86 bernama Maxxus mengumumkan patch untuk versi 10.4.4. Hanya berselang beberapa jam, Apple meluncurkan versi 10.4.5 yang di patch lagi oleh Maxxus dalam waktu 2 minggu. Ketika versi 10.4.7 diluncurkan, 2 minggu setelahnya seorang pengguna Mac OS X86 lain bernama JaS mengkompilasi patch-patch yang dibuat oleh SemjaZa dan mengumumkan patch 10.4.7 walaupun tetap menggunakan kernel 10.4.4.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]