Maatschappij der Nederlandse Letterkunde

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Monumen peringatan di Leiden (1966)

Maatschappij der Nederlandse Letterkunde (bahasa Inggris: Society of Dutch Literature; bahasa Indonesia: Lembaga Sastra Belanda), umumnya disingkat menjadi MNL, adalah sebuah lembaga sastra yang bergengsi dan eksklusif di Belanda. MNL didirikan di Leiden pada tahun 1766. Saat ini, lembaga ini memiliki sekitar 1.600 anggota, terutama —meski tidak eksklusif— para ilmuwan dan peneliti Belanda. Anggota baru hanya dapat dipilih setelah diperkenalkan oleh anggota yang ada. MNL memiliki dua cabang regional, untuk bagian Utara dan Selatan Belanda, dan juga sebuah perwakilan di Afrika Selatan. Raja Willem-Alexander adalah penyokong dari MNL.

Kegiatan MNL mencakup pengorganisasian acara sastra dan ilmiah, penerbitan (atau mendukung penerbitan) buku dan beberapa jurnal, memberikan beberapa penghargaan, dan memelihara perpustakaannya.

Perpustakaan MNL berisi lebih dari seratus ribu entri, termasuk ribuan surat dan manuskrip unik, dan koleksi beberapa tokoh sastra Belanda yang penting. Tempat ini terletak di dalam Perpustakaan Universitas Leiden sejak bulan Oktober 1876.

MNL telah mendirikan Digitale Bibliotheek voor de Nederlandse Letteren (disingkat menjadi DBNL), sebuah basis data digital yang terdiri dari ribuan sumber primer dan sekunder dan karya sebagian besar penulis Belanda, pada tahun 1999.

Untuk merayakan ulang tahun ke 250-nya, MNL merilis sebuah buku sejarah Maatschappij yang diterbitkan pada tahun 2016 oleh Leiden University Press bertajuk, Al die onbekende beroemdheden. 250 jaar Maatschappij der Nederlandse Letterkunde yang disunting oleh Ton van Kalmthout, Peter Sigmond dan Aleid Truijens.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]