Maariv

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Maariv minyan di suatu toko di Jaffa Tel Aviv
Maariv pada Tembok Ratapan

Maariv atau Ma'ariv (Ibrani: מַעֲרִיב, [maʔăˈʁiv]), juga dikenal sebagai Arvit (Ibrani: עַרְבִית, [aʁˈvit]), adalah suatu kebaktian doa Yahudi yang dilakukan pada petang hari. Terutama meliputi Shema dan Amidah malam.

Kebaktian ini biasanya dimulai dengan dua ayat dari Kitab Mazmur, diikuti oleh pembacaan bersama Barechu. Kemudian diucapkan tiga alinea Shema, didahului dan diakhiri dengan dua ucapan berkat, meskipun kadang-kadang berkat kelima ditambahkan di bagian akhir. Si pemimpin (hazzan) lalu membacakan setengah-Kaddish. Amidah diucapkan tanpa suara oleh para hadirin, dan tidak seperti kebaktian lainnya, tidak diulangi oleh hazzan. Ia membacakan lengkap Kaddish, Aleinu dan Kaddish ratapan di akhir kebaktian. Doa-doa lain adakalanya ditambahkan termasuk Counting of the Omer (di antara Paskah Yahudi dan Shavuot) dan Mazmur 27 (di antara hari pertama Elul dan hari terakhir Sukkot).

Maariv biasanya dibacakan setelah matahari terbenam. Namun dapat pula dibacakan satu jam seperempat sebelum matahari terbenam menurut musimnya. Ini hanya lazim dilakukan pada Jumat malam, supaya dapat memulai Sabat lebih awal. Pada penutupan Sabat dan hari-hari raya, kebaktian ini biasanya ditunda sampai malam tiba. Sementara Maariv diucapkan sebagai doa sebelum tengah malam, dapat pula diucapkan sampai fajar merekah atau bahkan matahari terbit.

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Kata Maariv merupakan kata bermakna pertama pada berkat pembuka dalam kebaktian malam. Diturunkan dari kata Ibrani erev, yang diterjemahkan sebagai petang. Maariv merupakan perubahan kata ini menjadi kata kerja, yang berarti "membawa pada waktu malam ." Arvit adalah bentuk kata sifat dari kata ini, secara kasar diterjemahkan sebagai "dari waktu petang".[1]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Wein 2002, hlm. 88.

Pustaka[sunting | sunting sumber]