Ma'ruf Effendy

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ma'ruf Effendy
ke-4
Mulai menjabat
1 Oktober 2019
PresidenJoko Widodo
GubernurIsran Noor
Informasi pribadi
Lahir4 September 1971 (umur 52)
Indonesia Bontang, Kalimantan Timur
Kebangsaan Indonesia
Partai politik Partai Keadilan Sejahtera
Suami/istriHj. Muthi Ma'fuah
AnakSalsabila (Alm.)
Misbah Al Faruq (Alm.)
Ahmad Fadil Ma'rufa
Ahmad Fauzan Ma'rufa
Ahmad Fatih Ma'rufa
Ajwa Farhana Ma'rufa
Tempat tinggalJL Selat Karimata I, RT 33 Kel.Tanjung Laut Kec. Bontang Selatan
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Bantuan penggunaan templat ini

H. Ma'ruf Effendy, A.Md (lahir di Jember, Jawa Timur, 4 September 1971; umur 51 tahun) adalah politikus, pendakwah, dan pengajar di Indonesia. Ia menjabat Wakil Ketua DPRD Kota Bontang Periode 2010 - 2014. Ia adalah wakil Ketua DPRD Kota Bontang kala itu dr. Hj. Neni Moerniaeni, Sp. OG.

Latar Belakang[sunting | sunting sumber]

Ma'ruf Effendy terpilih menjadi Anggota DPRD Kota Bontang untuk pertama kali pada periode 2004–2019 dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) untuk Dapil Bontang Selatan Provinsi Kalimantan Timur setelah memperoleh 1.230 suara. Ma'ruf panggilan akrabnya adalah petinggi PKS Kota Bontang dan menjabat sebagai Sekretaris Dewan Pengurus Daerah (DPD) PKS Kota Bontang periode 2010-2015 serta Ketua DPD PKS Kota Bontang periode 2015-2019. Sebelum menjadi Anggota DPRD, Ma'ruf adalah seorang kepala sekolah di SDIT Asy Syaamil.

Ma'ruf berlatar belakang seorang pendidik. Dia dikenal sebagai Ustaz dan penceramah, termasuk pengurus di Muhammadiyah Kota Bontang. Menjadi tenaga pengajar sudah digeluti oleh seorang Ma'ruf sejak usia muda; profesi pendidik diawali menjadi seorang guru di Yayasan Pembinaan Islam ( YABIS) sampai akhirnya menjadi Kepala Sekolah tingkat SMP di Yayasan tersebut. Kemudian pada tahun 2003 bersama rekan-rekannya mendirikan Yayasan Pendidikan Asy Syaamil. Di Yayasan Asy Syaamil ia sebagai salah satu peletak dasar konsep pendidikan sekolah terpadu yang tergabung ke dalam Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT). Perannya diawali sebagai kepala sekolah pertama di SDIT Asy Syaamil, kemudian setelah menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kota Bontang diangkat sebagai Pengawas Yayasan Asy Syaamil sampai dengan tahun 2019.

Tak puas dengan prestasinya di dunia pendidikan, saat ini dirinya mendirikan lembaga pendidikan baru yaitu TKIT Salsabila, yang mengusung konsep sekolah kreatif. Di yayasan Salsabila Ma'ruf bertindak sebagai pembina Yayasan.

Riwayat Pendidikan[sunting | sunting sumber]

  • MI Islamiyah Wuluhan Jember (1978)
  • SMP Muhammadiyah Wuluhan Jember 1 Samarinda (1984)
  • SMA Muhammadiyah Wuluhan Jember (1987)
  • D3, Universitas Mulawarman (1993)

Perjalanan Politik[sunting | sunting sumber]

Aktif dalam organisasi semenjak usia belia, dengan menjadi pengurus Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) tahun 1984-1988. Menjadi anggota Pencak Silat Tapak Suci tahun 1984-1989. Pada saat mahasiswa Ma'ruf Effendy juga aktif dalam organisasi kemahasiswaan dengan menjadi anggota PUSDIMA UNMUL tahun 1993-1995. Bakat kepemimpinannya teruji ketika dia dipercaya menjadi Kepala Sekolah di SMPIT YABIS Kota Bontang, selang tiga tahun kemudian dia diangkat menjadi kepala sekolah di yayasan yang baru saja dia dirikan bersama teman - temannya yaitu SDIT Asy Syamil.

Pada pemilihan umum tahun 2004 dia maju sebagai wakil rakyat dari Partai Keadilan Sejahtera dari Dapil Bontang Selatan dan berhasil duduk sebagai wakil rakyat. Sejak saat itu, dia selalu berhasil mempertahankan jabatannya sebagai wakil rakyat selama 3 periode berturut-turut di Dapil yang sama.

Tahun 2019 dia dipercaya partainya maju mewakili rakyat di Dapil Bontang Utara. Dan sekali lagi, dia mampu membuktikan dirinya layak menjadi wakil rakyat untuk periode yang ke-4 kalinya. Raihan prestasi ini membuat seorang Ma'ruf Effendy menjadi anggota Dewan Paling senior dan berpengalaman. Hal itulah yang membuat dia sangat dihormati dan disegani oleh para koleganya baik satu partai maupun berbeda partai.

Riwayat Jabatan[sunting | sunting sumber]

  • Ketua Komisi 1 DPRD Kota Bontang (2004 – 2009)
  • Wakil Ketua DPRD Kota Bontang (2009 – 2014)
  • Sekretaris DPD PKS Kota Bontang (2010 – 2015)
  • Ketua DPD PKS Kota Bontang (2015 – 2019)
  • Anggota Fraksi FPKS DPRD Kota Bontang (2019 - sekarang)

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ https://gosulbar.com/anggota-dprd-kota-bontang-2019-2024/ Diarsipkan 2020-08-09 di Wayback Machine.
  2. ^ https://www.slideshare.net/deopicmedia/pileg-dalam-angka-profil-dprd-fix