MUFON

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Mutual UFO Network
Berkas:MUFON logo.png
Tanggal pendirian31 Mei 1969; 54 tahun lalu (1969-05-31)
TipeOrganisasi nirlaba
Tujuan"The Scientific Study of UFOs for the Benefit of Humanity"
Lokasi
Jumlah anggota
4,000+
Tokoh penting
Jan C. Harzan, Executive Director; John F. Schuessler, Founder and Board Member; Roger Marsh, Editor; Chase Kloetzke, Director of Investigations
Situs webMUFON.com

MUFON atau Mutual UFO Network Inc. yang berdiri pada tahun 1969 adalah sebuah organisasi penelitian UFO yang bertujuan untuk mencari jawaban dari teka-teki UFO. Organisasi ini mempunyai dua media publikasi utama, yaitu MUFON UFO Journal dan The International UFO Symposium Proceedings.

Markas besar MUFON berlokasi di Denver, Colorado, Amerika Serikat. Cabang-cabang organisasi yang tersebar di berbagai tempat di dunia memiliki tugas meneliti laporan fenomena UFO dan melakukan pertemuan-pertemuan periodik membahas masalah ini.

Cara MUFON melakukan penyelidikan UFO adalah dengan menerima laporan-laporan melalui hubungan melalui telepon dengan pihak berwenang maupun para saksi dan mengumpulkan berita-berita dari media massa. Selain itu, penyelidikan juga dilakukan di suatu daerah dengan mewawancarai langsung para saksi dengan pendekatan kesaksian yang lebih lengkap, ditulis, dan digambarkan dengan sketsa. Beberapa bahan-bahan yang diperlukan dalam teknik analisis mereka antara lain adalah: contoh tanah, foto, dan media lainnya yang dapat menunjang program penelitian yang dilakukan.

Referensi[sunting | sunting sumber]