Lompat ke isi

Mạc Thái Tổ

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Mạc Thái Tổ
莫太祖
Kaisar Vietnam
Kaisar Vietnam
Berkuasa15 June 1527 – 1529
PendahuluTidak Ada (Dinasti didirikan)
PenerusMạc Thái Tông
Pensiunan kaisar dinasti Mạc
Berkuasa1530–1541
Informasi pribadi
Kelahiran23 November 1483
Kematian22 Augustus 1541 (umur 57)
WangsaDinasti Mạc
Nama lengkap
Mạc Đăng Dung (莫登庸)
Minh Đức (明德)
Nama anumerta
Nhân Minh Cao Hoàng Đế (仁明高皇帝)
Nama kuil
Thái Tổ (太祖)
AyahMạc Hịch
IbuĐặng Thị Hiếu
PasanganNguyễn Thị Ngọc Toàn

Mạc Thái Tổ (莫太祖; 23 November 1483 – 22 Agustus 1541), juga dikenal dengan nama aslinya Mạc Đăng Dung (莫登庸), adalah seorang politikus Vietnam dan kaisar pendiri Dinasti Mạc. Sebelumnya adalah kapten pengawal kekaisaran salah satu kaisar dinasti Lê, ia secara bertahap naik ke posisi yang memiliki kekuatan besar. Mạc Đăng Dung akhirnya menggulingkan raja Lê terakhir, mengeksekusi Lê Chiêu Tông dan Lê Cung Hoàng, dan dirinya sendiri menjadi raja.[1]

Penjaga kerajaan Kaisar[sunting | sunting sumber]

Kolaborator Ming yang beretnis Vietnam, Mạc Thúy, dan kakeknya Mạc Đĩnh Chi, adalah nenek moyang langsung Mạc Đăng Dung.[2][3]

Mạc Đăng Dung (kiri) dipotret dalam sebuah buku berbahasa Mandarin

Mạc Đăng Dung lahir pada tanggal 23 November 1483 (Quý Mão), di desa Cổ Trai, distrik Nghi Dương (Kiến Thụy modern, bagian dari kota Haiphong) sebagai putra seorang nelayan.[4]

Mạc Đăng Dung memulai karirnya sebagai pengawal Kerajaan Kaisar Lê Uy Mục dari Dinasti Lê. Mạc Đăng Dung adalah seorang militer yang naik pangkat.[5]

Setelah serangkaian krisis politik yang menyebabkan Lê Uy Mục dan penggantinya Lê Tương Dực dibunuh, Mạc Đăng Dung terus mendapatkan kekuasaan dan pangkat di militer. Dengan penobatan kaisar muda Lê Chiêu Tông pada tahun 1516, perebutan kekuasaan di istana, bersamaan dengan pemberontakan Trần Cảo membawa negara tersebut ke tingkat perang saudara. Dari tahun 1516 hingga 1520, panglima perang Nguyễn Hoàng Dụ dan Trịnh Duy Sản, Nguyễn Kính dan Trần Cảo berebut kekuasaan. Mạc Đăng Dung awalnya memimpin pasukan yang setia kepada Raja Lê Chiêu Tông melawan para panglima perang, ia akhirnya mengalahkan para panglima perang dan memperoleh kekuatan yang cukup untuk memaksa Lê Chiêu Tông turun tahta pada tahun 1522 dan secara ilegal mengangkat Kaisar Lê Cung Hoàng ke takhta. Lê Chiêu Tông melarikan diri dari istana dengan dukungan panglima perang Trịnh Tuy ke Thanh Hóa di mana dia berperang melawan Mạc Đăng Dung hingga ditangkap pada tahun 1526.

Pada tahun 1527, Mạc Đăng Dung membunuh Lê Chiêu Tông dan Lê Cung Hoàng. Dia kemudian menyatakan dirinya sebagai kaisar baru dinasti Mạc, Ia menjadi kaisar pendiri dinasti Mạc, Mạc Thái Tổ.

Kaisar Minh Đức[sunting | sunting sumber]

Peta Vietnam yang menunjukkan wilayah dinasti Mạc pada tahun 1590.

Mạc Thái Tổ memproklamirkan dirinya sebagai kaisar baru Vietnam dengan nama Minh Đức. Dengan menggunakan metode yang kejam, dia memaksa para pejabat Lê untuk mengakui dinastinya dan dia membunuh anggota keluarga Lê yang masih tinggal di utara termasuk kaisar yang digulingkan Lê Cung Hoàng dan ibunya. Beberapa pejabat pemerintah melakukan bunuh diri daripada mengakui Mạc Thái Tổ sebagai kaisar, yang lain melarikan diri ke selatan dan bergabung dengan perlawanan.

Pemberontakan lain dilancarkan, kali ini di bawah kepemimpinan Nguyễn Kim dan menantu laki-lakinya Trịnh Kiểm. Pada tahun 1533, Nguyễn Kim melantik Lê Trang Tông, putra Lê Chiêu Tông yang diasingkan ke Laos, untuk mengembalikan tahta Dinasti Lê. Dari Thanh Hóa, dinasti Lê yang dipulihkan memulai perlawanannya terhadap dinasti Mạc. Permohonan dari Trịnh dan Nguyễn diajukan ke istana Ming Tiongkok untuk mengirimkan pasukan guna menyingkirkan perampas kekuasaan. Namun Mạc Thái Tổ, dengan menggunakan perilaku patuh dan penyuapan, berhasil mendapatkan pengakuan sementara atas pemerintahannya dari Dinasti Ming pada tahun 1528.

Pada tahun 1529, Mạc Thái Tổ turun tahta demi putra sulungnya, Mạc Đăng Doanh, yang menjadi Kaisar Mạc Thái Tông.

Pensiun dan memerintah lagi[sunting | sunting sumber]

Mạc Thái Tổ hidup sebagai pensiunan kaisar sementara putranya harus menghadapi pemberontakan yang terus berlanjut oleh Trịnh dan Nguyễn. Putranya tidak setara dengan ayahnya dan sebagai akibat dari beberapa kekalahan, ia kehilangan kendali atas provinsi-provinsi di selatan Sungai Merah. Pada tahun 1533, tentara Nguyễn-Trịnh menaklukkan Istana Musim Dingin dan menyatakan Lê Trang Tông sebagai penguasa sah Vietnam.

Menambah masalah kekalahan militer, delegasi resmi Tiongkok menetapkan bahwa perampasan kekuasaan oleh Mạc Thái Tổ tidak dapat dibenarkan sehingga, pada tahun 1537, pasukan yang sangat besar dikirim ke Vietnam dengan dalih mengembalikan kekuasaan keluarga Lê. Pada musim panas 1540, dengan invasi Tiongkok ke utara, putra Mạc Thái Tổ, Mạc Thái Tông meninggal dan Mạc Thái Tổ melanjutkan posisinya sebagai kaisar.

Dinasti Ming mengancam Mạc Thái Tổ dengan invasi 110.000 orang yang siap menyerang Vietnam dari Guangxi pada tahun 1540. Mạc Thái Tổ menyerah dan menyerah pada tekanan Tiongkok dan menerima tuntutan pahit yang diajukan Tiongkok, termasuk merangkak tanpa alas kaki di depan Tiongkok, menyerahkan tanah kepada Tiongkok, menurunkan status pemerintahannya dari negara menjadi kepala suku, dan menyerahkan jabatan resmi. dokumen seperti daftar pajak ke Ming.[6] Tiongkok menerimanya sebagai penguasa di sebagian Vietnam, sementara ia mengaku menerima pemerintahan Lê di bagian selatan Vietnam. Namun suku Nguyễn dan Trịnh menolak menerima pembagian ini sehingga perang berlanjut di selatan.

Mạc Thái Tổ meninggal dunia pada tanggal 22 Agustus 1541 dan tahtanya digantikan oleh cucu tertuanya Mạc Phúc Hải, yang menjadi Kaisar Mạc Hiến Tông.

Terlepas dari pengakuan Tiongkok dan kekuasaannya atas sebagian besar Vietnam, para sejarawan Vietnam kemudian mempertanyakan keabsahan pemerintahannya. Perampasan kekuasaan oleh Mạc Thái Tổ memecah kerajaan, dengan dinasti Mạc berkuasa di utara, dan dinasti Lê berlanjut di selatan, didukung oleh penguasa Trịnh dan penguasa Nguyễn.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Keith Weller Taylor, John K. Whitmore Essays Into Vietnamese Pasts – 1995 – Page 133 "Mạc Đăng Dung had been an admirable official; ...
  2. ^ K. W. Taylor (2013). A History of the Vietnamese. Cambridge University Press. hlm. 232–. ISBN 978-0-521-87586-8. 
  3. ^ Bruce M. Lockhart; William J. Duiker (2010). The A to Z of Vietnam. Scarecrow Press. hlm. 229–. ISBN 978-1-4617-3192-4. 
  4. ^ Bruce M. Lockhart, William J. Duiker Historical Dictionary of Vietnam 2006, republished The A to Z of Vietnam 2010, p. 229 "Mạc Đăng Dung (1483–1541). Founder (r. 1527–1530) of the Mạc dynasty in 16th-century Vietnam. Mạc Đăng Dung was the son of a fisherman in present-day Hai Phong and claimed to be descendant of Mạc Binh Chi, a scholar-official ..."
  5. ^ Vietnam, Trials and Tribulations of a Nation D. R. SarDesai, p. 37, 1988
  6. ^ John W. Dardess (2012). Ming China, 1368-1644: A Concise History of a Resilient Empire. Rowman & Littlefield. hlm. 5–. ISBN 978-1-4422-0490-4. 

Works cited

Tautan eksternal[sunting | sunting sumber]