Māui (mitologi Hawaii)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Māui Menjerat Matahari, sebuah lukisan pena dan tinta oleh Arman Manookian sekitar tahun 1927 di Akademi Seni Honolulu.

Dalam agama Hawaii, Māui adalah pahlawan budaya dan kepala suku kuno yang muncul dalam beberapa silsilah yang berbeda. Dalam Kumulipo, ia adalah putra dari ʻAkalana dan istrinya, Hina-a-ke-ahi (Hina). Pasangan ini memiliki empat anak laki-laki, Māui-mua, Māui-waena, Māui-kiʻikiʻi, dan Māui-a-kalana. Istri Māui-a-kalana bernama Hinakealohaila; putranya adalah Nanamaoa. Māui adalah salah satu Kupua. Namanya sama seperti pulau Hawaii yang bernama Maui, meskipun tradisi asli menyatakan bahwa pulau ini tidak disebutkan dinamakan untuknya secara langsung, tapi dinamai dari putra penemu Hawaii (yang menamainya Māui, nama dirinya sendiri).

Eksploitasi legendaris[sunting | sunting sumber]

Pembuatan pulau-pulau Hawaii[sunting | sunting sumber]

Pancing ikan besar Māui disebut Manaiakalani dan pancing itu dilengkapi umpan dengan sayap burung peliharaan Hina, ʻalae. Māui dikatakan telah membuat pulau-pulau Hawaii dengan menipu saudaranya. Dia meyakinkan mereka untuk membawanya keluar untuk memancing, tapi menangkap pancingnya di atas dasar samudra. Ia memberitahukan kepada saudaranya bahwa ia telah menangkap seekor ikan besar dan memberi tahu mereka untuk mendayung sekeras-kerasnya. Saudaranya mendayung dengan sekuat tenaga tanpa menyadari maksud dari usaha mereka dengan tidak melihat pulau naik di belakang mereka. Māui mengulangi jurus ini beberapa kali hingga membuat Kepulauan Hawaii (Tregear 1891:236).

Menjerat matahari[sunting | sunting sumber]

Prestasi Māui berikutnya adalah menghentikan matahari dari bergerak cepat. Ibunya, Hina, mengeluh bahwa kapa-nya (kain kulit kayu) tidak dapat kering karena siang yang begitu singkat. Māui naik ke Gunung Hale-a-ka-la (rumah matahari) dan menjerat sinar matahari saat matahari muncul dengan menggunakan tali yang terbuat dari rambut adiknya.[1] Matahari memohon untuk kehidupannya dan setuju bahwa siang akan panjang di musim panas dan pendek di musim dingin (Pukui, Elbert, & Mookini 1974:36).[2]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Maui Hi! - Culture on Maui
  2. ^ Westervelt (1910). Chapter IV: Maui Snaring the Sun. pp. 40–55.