Hawaiiloa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Hawaiiloa, Pelabuhan Honolulu.

Hawaiiloa adalah seorang pemukim dari Pulau berdasarkan legenda kuno Hawaii.[1] Menurut legenda, Hawaiiloa adalah seorang nelayan dan navigator. Saat melaut dengan awak laki-laki, mereka tak sengaja tersandung padaPpulau Hawaii yang dinamakan untuk menghormati Hawaiiloa. Hawai'iloa kembali ke tanah airnya, Kaʻāina kai melemele a Kane atau tanah laut kuning Kane" dalam rangka untuk membawa keluarganya kembali ke Hawaii. Kemudian ia mengadakan ekspedisi penjajahan dengan keluarganya dan delapan navigator terampil lainnya. Mereka menetap di tempat yang sekarang bernama Pulau Hawaii yang dinamai untuk menghormatinya.[2]

Legenda berisi rujukan untuk anak-anak-nya: Maui (putra sulung), Kauai (putra), dan Oahu (putri) yang menetap di pulau-pulau yang menyandang nama mereka.

Kisah Hawaiiloa mendapatkan banyak perhatian dari orang Hawaii modern sebagai penggambaran kenyataan memukim di pulau-pulau yang konsisten dengan arus antropologi dan keyakinan sejarah. Banyak orang percaya bahwa kisah itu merupakan validasi kebenaran tradisi lisan Hawaii kuno.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Hawai'iloa and the Discovery of Hawai'i". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-09-30. Diakses tanggal 2018-07-10. 
  2. ^ "Origins of Hawaii's Names". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2006-12-30. Diakses tanggal 2007-02-24.