Lompat ke isi

Ludovicus Rutten

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Monsinyur
Ludovicus Hubertus Rutten
Potret Ludovicus Rutten
Lahir(1809-12-08)8 Desember 1809
Maastricht, Belanda
Meninggal1891
OrganisasiFratrum Immaculatae Conceptionis
Orang tua
  • Leonard Rutten (bapak)

Mgr. Louis Hubert (Ludovicus Hubertus) Rutten, lahir pada 8 Desember 1809 dan meninggal pada tahun 1891, adalah seorang pemuda dari keluarga kaya di Maastricht yang mengalami masa kecil tidak stabil, kehilangan ibunya pada usia lima tahun dan diasuh oleh neneknya; meskipun cerdas, prestasinya di sekolah dasar menurun karena terlalu asyik bermain sehingga hanya mencapai kelas empat, dan pada usia 16 tahun ia bekerja di kantor pengacara tetapi tidak melanjutkan karier tersebut. Rutten lebih suka berjalan-jalan di pedesaan bersama ayahnya, mencintai alam dan hewan, dan menikmati kehidupan sosial sebagai anak orang kaya; namun, meskipun tampaknya menjalani kehidupan yang mudah, Rutten menjadi semakin serius dan religius, memutuskan untuk menjadi imam dan belajar dengan tekun meskipun kesehatannya buruk. Ia merasa terpanggil untuk membantu orang miskin di Maastricht yang bekerja di pabrik-pabrik besar dengan kondisi yang tidak manusiawi, mengabdikan hidupnya untuk pendidikan agama bagi anak-anak miskin, dan mendirikan Kongregasi FIC sebagai wujud komitmennya terhadap kesejahteraan dan martabat kaum miskin di kota tersebut.[1][2]

Louis Rutten adalah putra pembuat bir kaya Maastricht Nicolaas Rutten dan lahir di gedung 'In den Rooden Leeuw', Jalan Bogaardenstraat 50. Pada tahun 1837 ia ditahbiskan sebagai imam di Gereja St. Matthias. Awalnya ia ingin menjadi misionaris , namun kesehatannya tidak memungkinkan. Di portal Koridor Panjang Gereja St. Servatius ia mendirikan sekolah taman kanak-kanak untuk anak-anak terkecil pekerja pabrik yang berkeliaran di sepanjang jalan. Dia memberi mereka beberapa jam pelajaran agama, makanan dan pakaian. Di malam hari dia mengajar para pekerja itu sendiri.

Untuk menjamin penyediaan pendidikan agama dan dasar bagi anak laki-laki miskin, ia mendirikan Kongregasi Bruder Maastricht pada tahun 1840 di tempat kelahirannya di Bogaardenstraat. Dia berhasil menarik minat beberapa saudari Ursulin dari Tildonk (B.) dalam pendidikan dasar untuk anak perempuan , yang dia tempati di rumahnya sendiri di Jodenstraat. Mgr. Rutten juga membawa Sisters of Charity ke Maastricht untuk mengelola rumah bagi perempuan yang meninggal dan ibu yang tidak menikah. Kongregasi ini dikenal secara lokal sebagai Suster-suster Miséricorde.

Sebagai pendiri dan dermawan, Louis Rutten terlibat erat dalam yayasan ini dan yayasan lainnya selama bertahun-tahun. Dia tidak hanya mempunyai sumber daya yang cukup, pada tahun 1848 dia menjadi pewaris tunggal Josephina Vaessen , yang mewariskan kekayaan besar kepadanya. Kongregasi para frater Maastricht segera mengalami perkembangan pesat di Belanda dan Belgia, namun meskipun Rutten membantu menentukan arah dan perluasannya, ia tidak bergabung dengan komunitas biara. Dia tetap menjadi pendeta dunia .

Louis Rutten diangkat menjadi bendahara kehormatan oleh Paus Pius IX pada tanggal 21 Desember 1861 . Sejak saat itu ia menyandang gelar monseigneur gerejawi dan berhak mengenakan jubah hitam dengan ujung dan kancing ungu, kerah hitam dengan tepi ungu, selempang ungu, dan topi hitam-ungu.

Sejak tahun 1860 dan seterusnya, kesehatannya mulai menurun. Ketika kondisinya memburuk, pada tahun 1871 dia pindah ke rumah sakit saudara selnya di Tienen (B.), di mana dia akan dirawat dengan damai selama dua puluh tahun. Ia meninggal pada 16 Desember 1891 dan dimakamkan pada 19 Desember di sebuah mausoleum di Pemakaman Umum di Tongerseweg di Maastricht.

Pada peringatan seratus tahun kematiannya, jenazahnya dipindahkan pada bulan Desember 1991 ke pemakaman Frater Maastricht di Trichtercollege di Anjoulaan di Maastricht.[1][3]

  1. ^ a b "Ludovicus Hubertus Rutten, Sang Bejana Tanah Liat". bruderfic.or.id (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2024-07-08. 
  2. ^ "Pendiri". bruderfic.or.id. Diakses tanggal 2024-07-08. 
  3. ^ Faisal, Agus (2024). "Spiritualitas Mgr. Ludovicus Rutten, Pendiri Kongregasi Bruder Santa Perawan Maria Yang Terkandung Tak Bernoda (FIC)". Sanata Dharma University.