Lucas Rijneveld

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lucas Rijneveld
Rijneveld pada tahun 2022
Rijneveld pada tahun 2022
Lahir20 April 1991 (umur 33)
Nieuwendijk, Belanda
PekerjaanPenulis, penyair
GenreNovel, verse
Karya terkenalThe Discomfort of Evening
PenghargaanInternational Booker Prize 2020
Tahun aktif2015–sekarang
Website
mariekelucasrijneveld.com

Lucas Rijneveld (nama asli Marieke Lucas Rijneveld; lahir pada 20 April 1991, usia 32 tahun, di Nieuwendjik, Belanda) Lucas adalah salah satu penulis dan penyair baru terbesar dalam Sastra Belanda yang berasal dari keluarga petani. Pada tahun 2015 Lucas menulis karya pertamanya yaitu koleksi puisi dengan judul 'Calf's Caul' dan berhasil meraih penghargaan Buddingh' Prize kategori puisi terbaik yang kemudian akan segera diterbitkan dalam bahasa Spanyol. Di tahun 2019 Lucas kembali menerbitkan koleksi puisi dengan judul "Fantoommerrie" dan memenangkan penghargaan The Ida Gerhardt Poetry Prize.[1]

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Lucas Rijneveld lahir dari keluarga petani dan dibesarkan di peternakan di Brabant Utara, suatu wilayah yang tidak terlalu terkenal di Belanda. Rijneveld tumbuh dengan komunitas reformasi protestan yang ketat di pedesaan Belanda. Buku yang berjudul "The Discomfort of Evening" terinspirasi dari kisah kakak laki-laki Lucas, Jas, yang meninggal pada usia sepuluh tahun ketika itu usia Lucas masih tiga tahun.

Pekerjaan[sunting | sunting sumber]

Selain menjadi penulis dan penyair yang memperoleh berbagai penghargaan, Lucas juga bekerja menjadi pemerah susu sapi di suatu peternakan, meskipun bukan milik orang tuanya. Dalam suatu wawancara, Lucas mengatakan bahwa bertani membuatnya tetap membumi, sapi adalah sahabatnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Dazed (2020-02-27). "Marieke Lucas Rijneveld: the Dutch dairy farmer who wrote a bestseller". Dazed (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-12-02.