Lubok

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
"Tikus Menguburkan Kucing", lubok tahun 1760-an.

Lubok (jamak: Lubki, bahasa Rusia: лубок, лубочная картинка) adaah suatu cetakan populer Rusia, yang bercirikan cerita dan grafis sederhana yang berasal dari kisah-kisah terkenal dan cerita-cerita keagamaan dan sastra. Cetak lubok digunakan sebagai dekorasi di rumah-rumah dan penginapan. Contoh lubok awal dari akhir abad 17 dan awal abad 18 merupakan cukil kayu, kemudian berganti menjadi ukiran dan etsa, dan pada abad 19 muncul litografi. Lubok kadang muncul sebagai seri, yang bisa dianggap sebagai pendahulu komik strip modern. Buku sederhana dan murah, mirip dengan chapbook, yang kebanyakan berisi gambar, disebut sastra lubok (bahasa Rusia: лубочная литература). Baik gambar dan sastra tersebut sering disebut lubki. Kata lubok sendiri dalam bahasa Rusia bermakna kulit bagian dalam dari pohon linden dan merujuk pada teknik cukil kayu dari kulit kayu pohon linden, yang di Rusia dulu sering digunakan sebagai bahan untuk membuat bebrbagai macam benda, misalnya sepatu kulit pohon, keranjang, peti, dll.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Norris, Stephen. "Images of 1812: Ivan Terebenev and the Russian Wartime Lubok." National Identities Vol. 7(2005): hlm. 1-15.DOI:10.1080/14608940500072909
  • Farrell, Dianne. "Shamanic Elements in Some Early Eighteenth Century Russian Woodcuts." Slavic Review Vol. 54(1993): hlm. 725-744.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]