Lorik Eropa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Larix decidua
Lorik Eropa
Larix decidua

European larch in l'A Bran, (1798 m) Val d'Annivier.
Status konservasi
Risiko rendah
IUCN42309
Taksonomi
DivisiPinophyta
KelasPinopsida
OrdoPinales
FamiliPinaceae
SubfamiliLaricoideae
GenusLarix
SpesiesLarix decidua
Mill., 1768
Tata nama
Sinonim takson
Daftar
    • Abies larix (L.) J.St.-Hil.
    • Larix caducifolia Gilib.
    • Larix europaea DC.
    • Larix excelsa Link
    • Larix gracilis A.Dietr.
    • Larix larix (L.) H.Karst.
    • Larix pyramidalis Salisb.
    • Larix sudetica Domin
    • Larix vulgaris Fisch. ex Spach
    • Peuce larix (L.) Rich.
    • Picea larix (L.) Peterm.
    • Pinus laeta Salisb.
    • Pinus larix L.
[1]
Distribusi

Distribution:
  Larix decidua subsp. decidua
  Larix decidua subsp. carpatica
  Larix decidua subsp. polonica

Larix decidua, lorik Eropa, adalah spesies lorik yang berasal dari pegunungan di Eropa tengah, di Pegunungan Alpen dan Pegunungan Carpathian serta Pyrenees, dengan populasi dataran rendah yang terpisah di Polandia utara dan Lituania selatan. Ia dinaturalisasikan secara meluas di Skandinavia. Umurnya telah dipastikan mendekati 1000 tahun [3] (dengan klaim hingga 2000 tahun) namun lebih sering sekitar 200 tahun. Salah satu pohon lorik yang ditanam oleh Duke of Atholl kedua di Dunkeld pada tahun 1738 diklaim masih berdiri.[4]

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Ciri morfologi lorik Eropa dari buku: Prof. Dr. Otto Wilhelm Thomé Flora von Deutschland, Österreich und der Schweiz, 1885, Gera, Jerman .

Larix desidua adalah pohon jenis konifera daun berukuran sedang hingga besar yang tingginya mencapai 25–45 m, dengan diameter batang hingga 1 m (khususnya, tinggi hingga 53,8 m dan diameter 3,5 m). Mahkotanya berbentuk kerucut ketika muda, dan menjadi lebar seiring bertambahnya usia; cabang-cabang utama bertingkat hingga ke atas, dengan cabang-cabang samping sering menjuntai. Tunasnya dimorfik, dengan pertumbuhan terbagi menjadi tunas panjang (biasanya 10–50 panjang cm) dan mempunyai beberapa tunas, serta tunas pendek hanya 1–2 panjangnya mm dengan hanya satu tunas. Daunnya seperti jarum, berwarna hijau muda, 2–4 panjangnya cm yang berubah menjadi kuning cerah sebelum gugur di musim gugur, meninggalkan pucuk kuning pucat hingga musim semi berikutnya.

Buah runjungya tegak, berbentuk bulat telur-kerucut, 2–6 panjang cm, dengan sisik biji 10-90 tegak atau agak melengkung (tidak melengkung); warnanya hijau bervariasi dan memerah saat belum matang, berubah menjadi coklat dan terbuka untuk mengeluarkan biji saat matang, 4–6 bulan setelah penyerbukan. Kerucut runjung tua biasanya tertinggal di pohon selama bertahun-tahun, berubah warna menjadi abu-abu kehitaman kusam.

Ia sangat toleran terhadap dingin, mampu bertahan pada suhu musim dingin hingga setidaknya -50 °C, dan merupakan salah satu pohon barisan pohon di Pegunungan Alpen, mencapai ketinggian 2400 m, meskipun paling melimpah pada ketinggian 1000–2000 m. Ia hanya tumbuh di tanah yang memiliki drainase baik, menghindari tanah yang tergenang air dan tidak tahan naungan .

Ekologi[sunting | sunting sumber]

Bijinya merupakan makanan penting bagi beberapa burung, terutama siskin, akantis kecil, dan jalak-murai limau, sedangkan kuncup dan kerucut yang belum dewasa dimakan oleh kaperkaili.

Jarum lorik Eropa adalah satu-satunya makanan yang diketahui untuk ulat ngengat Coleophora sibiricella ; sisik kerucutnya digunakan sebagai makanan oleh ulat ngengat tortrix Cydia illutana .

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama 262420-1
  2. ^ Farjon, A. (2017). "Larix decidua". 2017: e.T42309A83969267. doi:10.2305/IUCN.UK.2017-2.RLTS.T42309A83969267.en. 
  3. ^ "Larix decidua (Europäische Lärche) description - The Gymnosperm Database". www.conifers.org. Diakses tanggal 2017-12-07. 
  4. ^ "Grounds of Dunkeld Hilton House". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-03-04. Diakses tanggal 2016-01-11.