Lore (anatomi)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Panah "11" Menunjukan lore dari elang ini
Sisik di kepala ular

Lore (adj. loreal) adalah wilayah diantara mata dengan lubang hidung pada burung, reptil, dan amfibi.

Ornitologi[sunting | sunting sumber]

Dalam ornitologi, lore adalah wilayah antara mata dan paruh di kepala burung.[1] Wilayah ini terkadang tidak berbulu, dan kulitnya mungkin berwarna, seperti spesies dari keluarga burung kormoran (Phalacrocoracidae).[2] Daerah ini, yang berada tepat di depan mata, memiliki "garis loral" pada banyak spesies burung.

Herpetologi[sunting | sunting sumber]

Pada amfibi dan reptil, lore adalah wilayah diantara mata dan lubang hidung. Hal ini sejalan dengan pemahaman tentang lore pada burung yang berhubungan dengan wilayah antara mata dan paruh.

Pada ular dan reptil, loreal juga mengacu kepada sisik yang terletak diantara mata dan lubang hidung.[3] Pada ular crotalinae (pit vipers), lubang loreal terdapat di kedua sisi kepala.[4]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Project Green Shores: Green Heron" (PDF). Diakses tanggal June 18, 2011. 
  2. ^ Margaret A. Wissman. "Avian Anatomy". Diakses tanggal June 18, 2011. 
  3. ^ Phil Bowles. "Glossary". The Online Field Guide. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-02-29. Diakses tanggal March 8, 2012. 
  4. ^ Campbell JA, Lamar WW. 2004. The Venomous Reptiles of the Western Hemisphere. 2 volumes. Comstock Publishing Associates, Ithaca and London. 870 pp. 1500 plates. ISBN 0-8014-4141-2.