Lord Sugar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Alan Michael Sugar, Sugar Baron (lahir 24 Maret 1947) adalah raja Inggris bisnis, tokoh media, dan penasihat politik. Menurut Daftar Sunday Times Rich 2015, Sugar telah bergabung dengan "klub miliarder" dengan kekayaan yang diperkirakan sebesar £ 1.04bn, dan peringkat sebagai orang terkaya ke-101 di Inggris. Pada tahun 2007, ia menjual bunga yang tersisa di elektronik konsumen perusahaan Amstrad, usaha bisnis terbesar dan paling terkenal nya.

Sugar adalah ketua Tottenham Hotspur dari tahun 1991 sampai 2001. Gula muncul dalam serial TV BBC The Apprentice, yang telah disiarkan setiap tahun sejak tahun 2005 dan didasarkan pada acara televisi AS yang populer dengan nama yang sama, menampilkan pengusaha Amerika Donald Trump.

Kehidupan Awal[sunting | sunting sumber]

Sugar lahir di Hackney, London timur, dalam keluarga Yahudi. Dia adalah anak bungsu dari empat anak dari Fay (1907-1994) dan Nathan Gula (1907-1987). Ayahnya adalah seorang penjahit di industri garmen dari East End.

Ketika gula masih muda, keluarganya tinggal di sebuah flat dewan. Karena banyak, rambut keriting, ia dijuluki "Mop kepala", nama yang ia masih berjalan dengan pada hari ini. Dia menghadiri Sekolah Dasar Northwold dan kemudian Brooke House School Menengah di Upper Clapton, Hackney, dan membuat uang tambahan dengan bekerja di sebuah pedagang sayur. Setelah meninggalkan sekolah pada usia 16, ia bekerja sebentar untuk layanan sipil sebagai statistik di Departemen Pendidikan. Dia mulai menjual antena mobil dan barang-barang elektronik dari sebuah van yang ia beli dengan tabungannya sebesar £ 50.

Referensi[sunting | sunting sumber]