London (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian


London
London (2005 film) Poster.jpg
Theatrical Movie Poster
SutradaraHunter Richards
ProduserPaul Davis-Miller
Bonnie Timmermann
PenulisHunter Richards
PemeranChris Evans
Jessica Biel
Jason Statham
Joy Bryant
Isla Fisher
DistributorSamuel Goldwyn Films
Tanggal rilis
  • 03 September 2005 (2005-09-03) (Montreal World Film Festival)
  • 10 Februari 2006 (2006-02-10) (United States)
Durasi
92 minutes
BahasaInggris
Pendapatan kotor$20,361[1]

London adalah judul film independen Amerika Serikat produksi tahun 2005 yang ditulis dan disutradarai oleh Hunter Richards. Bonnie Timmermann bertindak sebagai produser. Beberapa bintang yang bermain dalam film ini antara lain Jessica Biel, Chris Evans, Jason Statham, Joy Bryant, Dane Cook, Kat Dennings, Louis C.K. dan Isla Fisher. London mengangkat kisah seputar kehidupan pesta di Manhattan.[2]

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Film London mengangkat kisah tentang celotehan para pecandu narkoba dan peminum minuman keras. Ada seseorang yang menghadiri sebuah pesta perpisahan bekas kekasihnya di sebuah apartemen mewah di New York. Syd (Chris Evans), sang sosok itu, mencoba mendekati kembali mantan pacarnya, London (Jessica Biel). Dia datang ke pesta itu ditemani oleh seorang bandar narkoba, Bateman (Jason Statham). Di kamar mandi mewah apartemen tersebut mereka berdiskusi panjang lebar tentang Tuhan hingga akhirnya masing-masing saling mencurahkan hati, sambil terus menghirup kokain dan minuman beralkohol.

Keseluruhan film berpusat pada diskusi orang-orang mabuk, dialog sangat yang mencerminkan sebuah percakapan orang yang sedang mabuk, dengan isi pembicaraan yang tidak jelas, kadang muncul letupan emosi di sana sini, tapi masing-masing menekankan dan meyakini bahwa dialog mereka sesuai dengan logika, setidaknya menurut para pemabuk.

Perpindahan adegan dari kenyataan di kamar mandi, suasana pesta di luar kamar mandi, adegan-adegan yang pernah terjadi (flashback) terkait cerita para pemabuk itu, memaksa penonton mengikuti dan memahami alur logika berpikir seorang pemabuk.
Film ini cuma mengangkat tema yang sederhana, percakapan tidak jelas oleh para pemabok, tapi mampu menghadirkan gagasan cerdas dan menyodorkan suguhan alur yang utuh serta memberikan solusi pada persoalan yang dihadapi para tokoh.

Hunter Richards menyutradarai serta menulis sendiri cerita film ini yang dipenuhi dengan adegan penggunaan narkoba, seks, dan tentu saja kata-kata kasar yang hampir mewarnai keseluruhan film ini. Dari akting para pemainnya sendiri, mungkin keempat bintang utamanya yaitu, Evans, Biel, Statham, dan Bryant, bisa dibilang berhasil menampilkan performa akting yang agak berbeda dibandingkan film-film mereka sebelumnya. Memang, terkadang lewat sebuah film indie, seorang aktor atau aktris bisa menunjukkan kapasitas aktingnya secara maksimal. Sayangnya, isi cerita ini yang jelas-jelas dibumbui oleh isu mengenai penggunaan narkoba, mungkin akan sedikit membuat jengah kita yang menyaksikannya.

Pemain[sunting | sunting sumber]

Soundtrack[sunting | sunting sumber]

Sebuah komposisi musik bergenre american electronica dari group musik The Crystal Method ditampilkan dalam film ini.

Daftar lagu[sunting | sunting sumber]

Semua lagu dimainkan oleh grup musik The Crystal Method.

  1. "London"
  2. "Restless" by Evil Nine featuring Toastie Taylor
  3. "Smoked" (Vocals by Troy Bonnes)
  4. "Fire to Me" (vs. Hyper)
  5. "Roboslut"
  6. "Defective"
  7. "Vice"
  8. "Crime" by Troy Bonnes
  9. "C'mon Children" by The Out Crowd
  10. "Onesixteen"
  11. "Sucker Punch" by Connie Price and the Keystones
  12. "Glass Breaker" (Vocals by Charlotte Martin)
  13. "I Luv U"
  14. "Nothing Like You and I" by The Perishers

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Box Office Details". Box Office Mojo. Diakses tanggal 1 November 2013. 
  2. ^ GSN SOEKI: London, diakses 4 Agustus 2015

Pranala luar[sunting | sunting sumber]