Little India,Pulau Pinang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Little India Penang
லிட்டில் இந்தியா, பினாங்கு
India Kecil Pulau Pinang
ethnic enclave
Gerbang India Kecil atau "Little India Arch'
Gerbang India Kecil atau "Little India Arch'
NegaraMalaysia
Negara bagianPulau Pinang
KotaGeorgetown
Pemerintahan
 • Pemerintah Lokal Dewan Kota Pulau Penang
Zona waktuUTC+8 (MST)
Kode area telepon+60 4
Situs webpenanglittleindia.blogspot.my

Little India, Penang atau India Kecil,Penang merupakan sebuah kawasan di George Town, Pulau Pinang dam meliputi area sekitar Lebuh Queen, Lebuh Chulia dan Jalan Pasar (Market Street). Selama bertahun-tahun lamanya, India kecil, penang telah menjadi tempat bisnis dan pelestarian budaya dan tradisi masyarakat India di Malaysia.Ada toko rempah-rempah, toko kelontong, toko manisan dan makanan ringan, toko tekstil, tukang emas, hotel, restoran, warung makan, percetakan bahkan kios bunga. Daerah ini memiliki banyak kemiripan dengan jalan pasar di Chennai, Mumbai atau Delhi. Lokasinya yang berada di pusat Penang Heritage Zone dan dekat dengan pusat keuangan utama Penang, Beach Street menjadikannya salah satu tempat belanja paling terkenal di kalangan lokal dan turis.Ini juga berfungsi sebagai kegiatan komersial dan budaya utama masyarakat Indian Penang. Tempat ini menjadi lebih ramai pada saat festival seperti Deepavali, Natal dan Thaipusam. Little India juga terkenal dengan masakan India Malaysia.

Kuil Hindu tertua di Penang, Kuil Sri Mahamariamman terletak di sini[1]

Lokasi[sunting | sunting sumber]

Penang Little India terletak di jantung Georgetown, ibu kota Penang. Letaknya di tengah Penang Heritage Zone. Penang Little India ditutupi oleh 3 jalan, yaitu:

Namun Little India juga dapat diperluas ke Jalan Masjid Kapitan Keling dan Jalan Gereja karena banyaknya bisnis India di wilayah tersebut.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Kuil Shri Mariammanadalah kuil Hindu tertua di negara bahagian, Pulau Pinang.

Pada masa-masa awal pemukiman, Lebuh Chulia diberikan kepada para imigran India sebagai daerah kantong mereka.[2] Namun, selama bertahun-tahun, komunitas pemukim imigran Tionghoa bertambah besar, sehingga Little India terkurung di tengah komunitas Tionghoa yang terus berkembang dan berbatasan dengan tempat yang sekarang disebut sebagai Chinatown. Para pemukim imigran India mengambil berbagai peran di pemukiman tersebut, sebagai buruh tani, pemberi pinjaman uang, dan pedagang rempah-rempah. Jaringan yang diatur dengan cermat ini merupakan salah satu bagian paling awal dari George Town yang direncanakan di bawah pemerintahan Sir Francis Light, pendiri Penang dari Inggris.

Sejarah awal[sunting | sunting sumber]

Para buruh pelabuhan dari India selatan tinggal di sepanjang bagian King Street yang oleh orang Tamil disebut "Padavukara Tharuva" atau "Jalan Para Tukang Perahu". Market Street, yang sekarang menjadi jantung lITTLE India, disebut "Kadai Teru" atau "Jalan Pertokoan".Orang Inggris menyebutnya "Chola Place"(Situs Chola) atau "Little Madras" (Madras Kecil).Beberapa komunitas India lainnya, terutama pedagang dan pedagang, juga datang dalam jumlah besar selama bertahun-tahun. Ini termasuk Suku Gujarat,Orang Punjab,Malayalam dan Suku Telugu.

Juga terletak di Little India adalah kuil Hindu tertua di Penang, Kuil Sri Mariamman, yang dibangun pada tahun 1833.Kuil ini menampilkan dewi Hindu Mariamman dalam berbagai inkarnasinya.

Budaya[sunting | sunting sumber]

Salah satu toko India yang dapat ditemukan di Little India
Salah satu pusat Video di Little India yang menjual DVD dan CD Film dan Lagu Tamil baru
Menara Sentral

Ekonomi[sunting | sunting sumber]

Little India juga merupakan kawasan bisnis utama di Georgetown, Penang. Berbagai bisnis terkait India dapat ditemukan di sini. Meskipun sebagian besar bisnis di sini dimiliki oleh orang India, ada juga sejumlah kecil toko milik orang Cina. Ada banyak toko fashion India (Terutama di Market Street), mereka kebanyakan menjual sari,sutra dan katun, hampir semua hal yang memiliki esensi India.Ada juga banyak restoran dan kafe yang menjual kuliner India dan makanan barat. Ada juga toko video musik dengan film dan lagu Bollywood terbaru. Sejumlah besar hotel, terutama hotel budget juga dapat ditemukan.

Bangunan dan Seni Bina[sunting | sunting sumber]

Mayoritas bangunan di kawasan ini adalah bangunan toko sebelum perang dunia. Ada juga sejumlah besar bangunan pengaruh India dan Cina di sekitar Little India. Pencakar langit terkenal di Little India adalah Gedung Sentral (Menara Sentral) yang menampung Penang Sentral College.

Tempat Ibadah[sunting | sunting sumber]

Beberapa tempat ibadah ditemukan di Little India, Penang:

  • Kuil Sri Mahamariamman (Hindu)
  • Nagarathar Kovil Veedu (Hindu)
  • Kuil Sri Varasithi Vinayagar (Hindu)
  • Tokong Gaun Yin (Taoisme)
  • Tokong Nin Yang (Taoisme)
  • Sheriff Nagore Dargha (Islam)

Pesta dan Festival[sunting | sunting sumber]

Festival Keagamaan[sunting | sunting sumber]

Festival keagamaan sebagian besar berlangsung di Kuil Sri Mahamariamman

  • Navarathri
  • Chithra Pournami
  • Thaipusam - Dirayakan pada bulan Tamil di Thailand (Januari/Februari). Meskipun dirayakan di Kuil Balathandayuthapani, Kuil Sri Mahamriamman tidak ketinggalan karena ada kegiatan keagamaan yang terkait dengan festival ini.Komunitas Penang Nattukottai Chettiar mengadakan doa di kuil ini sebelum festival Thaipusam. Acara ini disebut Kuthirai Vahanam (Mobil Kuda) yang diadakan pada bulan Tamil Markazhi (Desember/Januari). Sholat akan dimulai 10 hari sebelumnya dimana akan ada ubayam pada hari-hari tersebut. Pada hari kesepuluh, dewa panchaloka Mahamariamman yang membawa Vel akan ditempatkan di Kereta Kuda. Prosesi dimulai dari Queen Street pada malam hari, menampilkan Vel melewati berbagai jalan dan jalan raya dan berakhir di Kuil Queen Street Sri Mahamariamman sekitar tengah malam.

Festival Non-Agama[sunting | sunting sumber]

Ada berbagai festival non-religius yang diadakan di Little India dan sebagian besar festival tersebut terutama untuk mempromosikan pariwisata Penang seperti Konferensi Tamil Internasional Penang dan Pesta Cahaya.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Sentral College Penang terletak di Zona Little India. Asrama Penang Disted College, Disted Space juga terletak di zona tersebut. Sementara itu, SEGi College Penang terletak di Greenhall, yang hanya berjarak berjalan kaki dari Little India.

Referensi[sunting | sunting sumber]