Lis atas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Wall.svg
Diagram dinding
Jingga : Lis atas, Hijau : Lis tengah, Kuning : Dinding separa, Ungu : Lis lantai


Lis dinding majemuk dibuat dari beberapa elemen balok individual

Lis atas adalah bentuk birai yang dibuat dari lis dekoratif yang dipasang di atas dinding interior. Hal ini juga digunakan di atas pintu, jendela, pilaster dan lemari .

Secara historis terbuat dari plester atau kayu, instalasi Lis atas modern mungkin terdiri dari satu elemen, atau kumpulan beberapa komponen menjadi satu kesatuan yang lebih rumit.

Aplikasi[sunting | sunting sumber]

Lis atas biasanya dipasang di siku dinding dan langit-langit, tetapi juga dapat digunakan di atas pintu, jendela, atau lemari. Pemasangan Lis atas yang terbuat dari kayu dapat berupa potongan tunggal, atau gabungan beberapa komponen untuk menciptakan tampilan yang lebih rumit. Elemen utama, atau satu-satunya pada instalasi polos, adalah potongan balok yang dipahat pada satu sisi dan rata di sisi lain, dengan sudut standar membentuk 90 derajat yang digiling pada tepi atas dan bawahnya. Ketika ditempatkan di dinding dan langit-langit, kekosongan segitiga tercipta di belakangnya. Memotong sudut dalam dan luar memerlukan pemotongan rumit pada sudut standar, biasanya dilakukan dengan gergaji siku bertenaga yang dilengkapi penahan pada sudut ini untuk membantu pengguna.

Metode alternatif lain, adalah proses dua langkah yang dimulai dengan memotong sambungan siku sederhana pada kedua ujung balok yang berpasangan, kemudian menggunakan gergaji triplek untuk memotong kembali setidaknya salah satu sambungan siku di sepanjang tepi yang diprofilkan untuk memberikan kelegaan selama pemasangan.

Pemasangan Lis atas yang disederhanakan dapat dilakukan jika menggunakan balok sudut yang diproduksi, yang hanya memerlukan pemotongan pantat sederhana pada setiap ujung panjang trim. Lis atas versi plastik dan busa kini tersedia, biasanya dengan balok siku untuk memudahkan pemasangan oleh penggemar perbaikan rumah DIY .

Pranala luar[sunting | sunting sumber]