Plester (arsitektur)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Peralatan untuk membuat plester.
Seorang tukang sedang memoles plester pada dinding di awal abad ke-19, lukisan karya John Cranch (1751–1821).

Plester adalah bahan bangunan yang digunakan sebagai pelapis perlindungan atau dekoratif untuk dinding dan plafon serta untuk mencetak elemen-elemen dekoratif.[1] Dalam bahasa Inggris "plester" biasanya berarti bahan yang digunakan untuk bagian interior dari sebuah bangunan, sedangkan "render" biasanya mengacu pada aplikasi eksternal, karena menghasilkan dekorasi berbentuk relief, bukan permukaan yang rata.[2]

Jenis plester yang paling umum terutama mengandung gipsum, kapur, atau plester semen,[3] tetapi semuanya bekerja dengan cara yang sama. Plester diproduksi dalam bentuk bubuk kering, setelah dicampur dengan air dan diaduk membentuk seperti adonan pasta, bisa langsung digunakan untuk mengoles permukaan. Reaksi dengan air melepaskan panas melalui proses kristalisasi sehingga plester terhidrasi dan kemudian mengeras.

Dalam dunia kedokteran, plester ortopedi masih sering digunakan sebagai alat bantu untuk menyangga tulang yang patah, dan digunakan juga untuk membuat cetakan gigi. Berbagai jenis model dan cetakan dibuat dengan menggunakan plester. Dalam bidang seni, kapur plester adalah matriks tradisional dalam membuat lukisan fresko, plester juga terkadang masih digunakan untuk membuat relief figuratif besar pada dinding.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Plaster. In: Weyer, Angela; Roig Picazo, Pilar; Pop, Daniel; Cassar, JoAnn; Özköse, Aysun; Vallet, Jean-Marc; Srša, Ivan, ed. (2015). EwaGlos. European Illustrated Glossary Of Conservation Terms For Wall Paintings And Architectural Surfaces. English Definitions with translations into Bulgarian, Croatian, French, German, Hungarian, Italian, Polish, Romanian, Spanish and Turkish. Petersberg: Michael Imhof. hlm. 50. 
  2. ^ Henry, Alison; Stewart, John, ed. (2011). English Heritage. Practical Building Conservation. Mortars, Renders & Plasters. Farnham / Burlington: Ashgate. hlm. 87. 
  3. ^ Franz Wirsching "Calcium Sulfate" in Ullmann's Encyclopedia of Industrial Chemistry, 2012 Wiley-VCH, Weinheim. doi:10.1002/14356007.a04_555