Lipa' Sabbe

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Lipa' Sabbe merupakan sarung khas dari suku Bugis khususnya daerah Bone, Wajo, Soppeng. Pusat produksi sarung ini adalah di Kota Sengkang, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan. Lipa Sabbe berasal dari bahasa Bugis yang artinya Sarung sutra. Lipa' Sabbe terbuat dari kain sutra. Biasanya digunakan sebagai bawahan baik oleh pria maupun wanita. Untuk pria dipadukan dengan jas tutup dan songkok recca dan untuk wanita dipadukan dengan baju bodo dan waju tokko.[1] Biasanya sarung ini digunakan pada acara adat, acara pernikahan seperti mappacci dan sebagai hadiah pernikahan.

Lipa' Sabbe Mempunyai 7 motif

Yaitu Motif :

  1. Balo renni
  2. Balo Tettong
  3. Balo Lobang
  4. Bombang
  5. Moppang
  6. Makkalu
  7. Cobo

Ditetapkan sebagai Warisan Budaya Takbenda[sunting | sunting sumber]

Kain ini adalah salah satu dari 33 kain tradisional yang ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Direktur Warisan dan Diplomasi Budaya Kemendikbud, Nadjamuddin Ramly mengatakan penetapan ini adalah upaya untuk melindungi dan mendorong masyarakat melestarikan kain tradisional.[2] Kain ini ditetapkan pada tahun 2016.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Pawai Lipa Sabbe di HUT ke-619 Wajo Pecahkan Rekor Muri". Tribun Timur. Diakses tanggal 2019-04-02. 
  2. ^ Indra, Rahman. "33 Kain Tradisional Ditetapkan Jadi Warisan Budaya". gaya hidup (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-04-02.