Lima Cambridge

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kim Philby digambarkan pada perangko Uni Soviet

Lingkaran Mata-mata Cambridge adalah sebuah lingkaran mata-mata di Britania Raya yang memberikan informasi kepada Uni Soviet pada Perang Dunia II dan aktif dari 1930-an sampai setidaknya awal 1950-an. Tak ada anggota yang diketahui didakwa atas tuduhan pengintaian. Jumlah dan keanggotaan lingkaran Lingkaran Mata-mata Cambridge mulai diketahui pada dekade 1950-an.[1] Masyarakat umum mula-mula menyadari konspirasi setelah penerbangan mendadak Donald Maclean (kriptonim: Homer) dan Guy Burgess (kriptonim: Hicks) ke Uni Soviet pada 1951. Pendakwaan dijatuhkan langsung pada Harold "Kim" Philby (kriptonim: Sonny, Stanley), yang pergi ke negara tersebut pada 1963. Setelah keberangkatan Philby, intelijensi Inggris mendapatkan pengakuan dari Anthony Blunt (kriptonim: Tony, Johnson) dan kemudian John Cairncross (kriptonim: Liszt), yang nampak datang sebagai dua orang terakhir dari kelompok lima tersebut. Keterlibatan mereka dilakukan secara rahasia selama bertahun-tahun: sampai 1979 untuk Blunt, dan 1990 untuk Cairncross. Julukan Empat Cambridge berubah menjadi Lima Cambridge setelah Cairncross ditambahkan.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "BBC - History - Historic Figures: The Cambridge Spies". www.bbc.co.uk (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-03-02. 

Bacaan tambahan[sunting | sunting sumber]

  • Andrew Sinclair, The Red and the Blue: Intelligence, Treason and the Universities (Coronet Books, Hodder and Stoughten, U.K. 1987). ISBN 0-340-41687-4.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]