Lili perdamaian

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lili perdamaian
Spathiphyllum wallisii

Taksonomi
DivisiTracheophyta
SubdivisiSpermatophytes
KladAngiospermae
Kladmonocots
OrdoAlismatales
FamiliAraceae
GenusSpathiphyllum
SpesiesSpathiphyllum wallisii
Regel

Lili perdamaian (Spathiphyllum wallisii) adalah spesies tumbuhan hias berbunga yang berasal dari keluarga Araceae.[1] Spathiphyllum adalah genus dari sekitar 47 spesies tanaman berbunga monokotil dalam keluarga Araceae, asli daerah tropis Amerika dan Asia Tenggara. Spesies tertentu dari Spathiphyllum umumnya dikenal sebagai spath atau bunga lili perdamaian.

Mereka adalah tanaman tahunan herba yang selalu hijau dengan daun besar sepanjang 12–65 cm dan lebar 3–25 cm. Bunganya diproduksi dalam spadix, dikelilingi oleh 10–30 cm panjang, putih, kekuningan, atau kehijauan. Tanaman tidak membutuhkan banyak cahaya atau air untuk bertahan hidup. Mereka paling sering ditanam sebagai tanaman hias, tapi mereka juga mampu menahan unsur-unsur dengan cukup baik untuk tumbuh subur saat ditanam di luar ruangan dalam situasi yang panas dan lembab.

Beberapa spesies adalah tanaman hias dalam ruangan yang populer. Ia hidup paling baik di tempat teduh dan membutuhkan sedikit sinar matahari untuk berkembang, dan disiram kira-kira seminggu sekali. Tanah sebaiknya dibiarkan lembab tetapi hanya perlu disiram jika tanahnya kering. Studi Udara Bersih NASA menemukan bahwa Spathiphyllum membersihkan kontaminan lingkungan berupa gas tertentu, termasuk benzena dan formaldehida. Namun, pengujian selanjutnya menunjukkan efek pembersihan ini terlalu kecil untuk bisa diterapkan.

Lili perdamaian mengandung kristal kalsium oksalat yang beracun bagi kucing dan anjing jika termakan.[2]

Kultivar 'Mauna Loa' telah memenangkan Penghargaan Royal Horticultural Society of Garden Merit.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Taxonomy - GRIN-Global Web v 1.10.5.0". npgsweb.ars-grin.gov. Diakses tanggal 2019-08-12. 
  2. ^ "Peace Lily | ASPCA". www.aspca.org (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-10-27. 

Lihat pula[sunting | sunting sumber]