Li Ka Shing Foundation

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Li Ka Shing Foundation
Berkas:LKS Foundation logo.svg
SingkatanLKSF
Tanggal pendirian1980; 44 tahun lalu (1980)
PendiriLi Ka-shing
TipeCharitable trust
Fokus
  • Pendidikan
  • Kesehatan
Kantor pusatHong Kong
Wilayah layanan
Global
Situs webwww.lksf.org

Li Ka Shing Foundation (Hanzi: 李嘉誠基金會) adalah sebuah organisasi amal yang berbasis di Hong Kong didirikan pada tahun 1980 oleh pengusaha Hong Kong Li Ka-shing. Pada tahun 2015, dilaporkan bahwa yayasan tersebut merupakan yayasan swasta terbesar kedua di dunia, setelah Bill & Melinda Gates Foundation.[1]

Putra Ketiga[sunting | sunting sumber]

Li Ka-shing menganggap Li Ka Shing Foundation sebagai "putra ketiganya" dan telah berjanji untuk menyumbangkan sepertiga dari asetnya untuk mendukung proyek-proyek filantropi. Dia telah meminta pengusaha Asia lainnya untuk melakukan hal yang sama, dengan harapan dapat mengubah gagasan tradisional tentang pewarisan kekayaan melalui garis keturunan.[2]

Kisah Li Ka Shing Foundation terbentang selama lebih dari tiga dekade: Tumbuh sebagai saksi penderitaan dan penyakit, Li Ka-shing memupuk belas kasih yang menggerakkan gagasan untuk mendirikan yayasan amal.

Misi[sunting | sunting sumber]

Li Ka Shing Foundation mendukung proyek-proyek yang mempromosikan kemajuan sosial melalui perluasan akses ke pendidikan dan layanan medis serta penelitian yang berkualitas, mendorong keragaman budaya dan keterlibatan masyarakat.

Setiap proyek dan setiap donasi berasal dari keyakinan Li Ka-shing pada nilai yang melekat pada setiap kehidupan manusia, tanpa memandang ras, kelas, atau keadaan. Dia telah mengabdikan dirinya untuk membantu orang lain mengatasi hambatan pendidikan dan fisik yang menghambat mereka mencapai potensi mereka.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Gates and Li Ka Shing Top List of Big Foundations Created by Wealthy People". 
  2. ^ "Autumn of the Tigers". Forbes (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-12-11. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]