Letnan jenderal (Britania Raya)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Letnan jenderal
Tanda pangkat Letnan jenderal Angkatan Darat Britania Raya dan Marinir Kerajaan
Letnan jenderal John Cooper mengenakan lencana bintang tiga multinasional dan lencana Letnan jenderal Britania Raya
Negara Britania Raya
Cabang angkatan Angkatan Darat Britania Raya
Marinir Kerajaan
SingkatanLetjen
Pangkat NATOOF-8
Pangkat non-NATOO-8
Pangkat atasanJenderal
Pangkat bawahanMayor jenderal
Pangkat setara

Letnan jenderal (Letjen), adalah pangkat jenderal pangkat bintang tiga di Angkatan Darat Britania Raya dan Marinir Kerajaan. Setara dengan pangkat multinasional bintang tiga; beberapa Letnan jenderal Inggris kadang-kadang mengenakan lencana bintang tiga multinasional, selain lencana bintang tiga standar mereka, ketika sedang menjalankan operasi multinasional.

Letnan jenderal setingkat di atas Mayor jenderal, dan setingkat di bawah Jenderal. Kode pangkat ini dalam NATO adalah OF-8, setara dengan Laksamana madya Angkatan Laut Kerajaan dan Marsekal madya Angkatan Udara Kerajaan (RAF) termasuk di banyak Angkatan Udara Negara-negara Persemakmuran.

Dari 1 April 1918 hingga 31 Juli 1919, RAF masih menggunakan pangkat Letnan jenderal. Kemudian keesokan harinya, nama pangkat ini diganti menjadi Air Marshal Angkatan Udara Kerajaan.[1]

Lambang pangkat untuk Angkatan Darat Britania Raya dan Marinir Kerajaan adalah Mahkota di atas-tengah pedang dan tongkat komando yang disilangkan. Sejak penobatan Ratu Elizabeth II, gambar Mahkota St Edward's yang umumnya dikenal sebagai Queen's Crown, juga telah digunakan sebagai lambangnya. Sebelum tahun 1953, Mahkota Tudor Crown atau umumnya dikenal sebagai King's Crown, yang digunakan sebagai lambang di kedua Angkatan tersebut.

Mahkota St. Edward.
Mahkota Tudor.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Barrass, M. B. (2015). "Lieutenant-General J de M Hutchison". Air of Authority – A History of RAF Organisation. Diakses tanggal 17 April 2016.