Leonora Braham

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Leonora Braham

Leonora Braham (3 Februari 1853 – 23 November 1931), nee Leonora Lucy Abraham, adalah seorang penyanyi opera dan aktris Inggris yang terutama dikenal sebagai pencipta peran soprano utama dalam opera komik karya Gilbert dan Sullivan.[1][2]

Mulai tahun 1870, Braham membintangi selama beberapa tahun dalam musikal intim German Reed Entertainments di London. Pada tahun 1878, dia pindah ke Amerika Utara, di mana dia terus tampil di opera komik. Setelah kembali ke Inggris, dia bertunangan dengan Perusahaan Opera D'Oyly Carte, menciptakan lima peran sopran utama dalam serial hit Gilbert and Sullivan opera, termasuk peran judul dalam Patience (1881), Phyllis pada Iolanthe (1882), peran tak berjudul di Princess Ida (1884), Yum-Yum di The Mikado (1885), dan Rose Maybud di Ruddigore (1887). Dia juga memainkan Aline di bagian pertama The Sorcerer (1884–85).

Setelah meninggalkan perusahaan D'Oyly Carte, Braham terus tampil di Inggris dan melakukan tur secara luas, membintangi opera komik dan grand opera di Australia, Amerika Selatan dan Afrika Selatan. Pada pertengahan 1890-an, ia kembali ke Inggris, bermain di komedi musik dan opera ringan, secara singkat bergabung kembali dengan Perusahaan Opera D'Oyly Carte. Dia kemudian terus tampil sampai 1912 di Inggris dan Amerika, termasuk dengan Lillie Langtry dalam drama tanpa musik.

Réferensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Stone, David. "Leonora Braham", Who Was Who in the D'Oyly Carte Opera Company
  2. ^ "The St. Georges Hall, Langham Place, Regent Street, London". Arthurlloyd.co.uk. Diakses tanggal 25 July 2020. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]