Leo Hendrik Baekeland

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Leo Baekeland
ilmuwan leo baekeland dari wikimedia
Lahir Nancy Jean Cartwright
25 November 1863 (umur 155)
Ghen, Belgia.
Meninggal 23 Februari 1944, 81 tahun di Beacon, New York
Pekerjaan
  • scentist
Tahun aktif 1863-1944

Leo Hendrik Baekeland (1863-1944) Lahir di Ghen, Belgia, pada 14 november 1863. Sejak kecil dia adalah seorang pelajar yang cerdas. Saat di bangku sekolah prestasi juara selalu diraih hingga umur 16 tahun Baekeland tamat pendidikan sekolah menengah atas. Dikarenakan kecerdasannya mendapat beasiswa kuliah di uniersitas Ghent.[1]

Biografi[sunting | sunting sumber]

Masa muda dan universitas[sunting | sunting sumber]

Pada usia 19 tahun, Baekeland meraih gelar sarjana. Dua tahun kemudian, dia mendapat gelar doktor dengan predikat maxima cum laude. Dua mengajar di universitas hingga tahun 1889.

Ia jatuh cinta dan menikah dengan putri dari guru kimianya, ia hobi berpergian dan memotret. Tak heran jika dia sering mengadakan perjalanan ke luar negeri, termasuk ke Prancis dan Inggris. Pada suatu kesempatan pada tahun 1889, Baekeland mendapat beasiswa untuk belajar di AS. Beasiswa itu sebenarnya hanya untuk 3 tahun, tapi dia memutuskan untuk menetap di negara tersebu. Dia bahkan segera menjadi warga negara AS.

Sehubungan dengan hobinya memotret Baekeland mendapat pekerjaan di perusahaan fotografi. Pada zaman itu, untuk menceak gambar negatif film pada kertas harus menggunakan sinar matahari. Hal yang kurang praktis menurut pemikran Baekland, lebih-lebih pada saat hujan dan malam. Dia pun menciptakan kertas foto disebut velox. Dengan kertas ini film dapat diproses tanpa sinar matahari, cukup hanya dengan sinar lampu. Untuk mendukung penemuannya itu, tahun 1893 ia mendirikan pabrik kertas foo dengan nama Nepera Chemical Company.

Kerja dan Penelitian[sunting | sunting sumber]

Baekeland tidak lama bertahan di perusahaan tersebut. Enam tahun kemudian, dia menjual perusahaan tersebu seharga satu jua dolar kepada Eastman, penemu kamera. Hasil penjualan perusahaan tersebut sebagian dia gunakan untuk pergi ke Jerman, sebagian lain untuk mendirikan laboratorium di Yonkers, New York.

Pada 1905, Baekeland mulai mengadakan penelitian. Lima tahun kemudian dia mendirikan pabrik plastik sekaligus menjadi direktur utamanya sampai tahun 1939. Dari hasil penelitiannya, satu yang terpenting adalah temuan plastik tahan panas atau bakelit.

Kematian[sunting | sunting sumber]

Baekeland meninggal dunia pada 23 Februari 1944 dalam usia 81 tahun di Beacon, New York.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Firmansyah, Adhe (2010). 108 ILMUWAN & PENEMU DUNIA. Jogjakarta: GARASI HOUSE OF BOOK. hlm. 427. ISBN 978-979-25-4675-0. <nowiki>