Lembah Kobra

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Lembah Kobra atau dalam bahasa aslinya, bahasa Prancis, La Vallée des Cobras, adalah komik serial terkenal karya dari Hergé, adalah serial kelima dan penutup dari kisah Petualangan Yo, Susi dan Yokko. Kisah petualangan ini dipublikasikan untuk pertama kalinya pada 9 April, 1939 di harian "Cœurs vaillants" dengan judul "Jo et Zette au pays du Maradjah" (Yo dan Susi di negara Maharaja), dan baru diterbitkan dalam bentuk album komik pada tahun 1957.

Ringkasan cerita[sunting | sunting sumber]

Kisah ini bermula di daerah Vargèse, sebuah kota kecil yang terkenal sebagai tempat untuk melakukan olahraga musim dingin di Haute-Savoie dimana Maharaja Gopal (bahasa Prancis Maharadjah de Gopal), yang ditemani oleh orang kepercayaannya, Badala (dalam bahasa Prancis bernama Badalah), sedang menikmati liburannya, begitu juga dengan Yo, Susi dan orang tuanya Jacques dan Sylvie Legrand, serta simpanse mereka, Yokko: Yo dan Susi bermaksud untuk berkenalan dengan Maharaja dan tanpa sengaja berski melewatinya dan juga kemudian tidak sengaja melemparkan bola salju ke muka Maharaja yang membuatnya marah besar. Dalam kemarahannya, Maharaja memerintahkan tukang pukulnya yang terkenal bengis dan kejam, Moghadir untuk memukul kedua anak Legrand dengan tongkat yang dapat digagalkan tepat pada waktunya oleh Pak Legrand. Dan dengan kecerdasannya ia bisa mengalahkan sang Maharaja[1].

Versinya[sunting | sunting sumber]

  • Pada harian 'Coeurs vaillants pada tahun 1939, secara mingguan yang belum selesai di No. 15 - No 38 dengan judul "Yo dan Susi di negara Maharaja"
  • Majalah Tintin, 1953 - 1954.
  • Dalam bentuk album komik tahun 1957

Setiap versi memiliki variasi sendiri-sendiri

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Remi, Georges (1983). Lembah Kobra. Indira.