Surat Wasiat Tn. Pompa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Surat Wasiat Tn. Pompa atau dalam bahasa aslinya, bahasa Prancis, Le Testament de M. Pump, adalah komik serial terkenal karya dari Hergé, adalah serial pertama dari kisah Petualangan Yo, Susi dan Yokko. Kisah ini merupakan bagian pertama dari keseluruhan kisah yang berjudul Stratospir H. 22.

Ringkasan cerita[sunting | sunting sumber]

Sir John Archibald Pump adalah seorang milyuner yang selalu mengutamakan kecepatan dalam segala sesuatunya, sehingga para pelayannya selalu memakai sepatu roda untuk melayaninya, dan sayangnya ia meninggal dunia karena mengendarai mobil balap tercepatnya terlalu cepat.

Dalam surat wasiatnya disebutkan bahwa ia menawarkan uang sebesar sepuluh ribu dollar Amerika bagi mereka yang bisa membuat pesawat super cepat yang bisa menempuh jarak dari Paris - New York dengan kecepatan 1,000km/jam dalam masa setahun sejak ia meninggal dunia, dimana jika waktu itu terlewati, maka uang tersebut akan jatih ke William dan Fred Stockrise.

Jacques Legrand, ayah dari Yo dan Susi, serta seorang insinyur dari SAFCA mulai merancang pesawat tersebut tetapi mengalami berbagai macam cobaan dan kesulitan dari orang-orang yang ingin menggagalkannya.