Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Sawahlunto

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Sawahlunto.

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Sawahlunto adalah penjara khusus terpidana narkotika yang terletak di Kawasan Wisata Kandi, Talawi, Sawahlunto, Indonesia. Lapas ini dibangun tahun 2008 dengan dana awal Rp 5 miliar dari Departemen Kehakiman dan HAM RI [1]. Lapas narkotika ini berdiri di lahan seluas 12 hektar [1].Lapas Narkoba Sawahlunto dapat menampung hingga 1000 warga binaan dan merupakan lapas narkotika dengan kapasitas terbesar di Indonesia [2].

Lapas Narkotika ini menjadi proyek percontohan di Indonesia [1]. Lapas terdiri dua blok penjara ukuran besar yang memisahkan para narapidana pemakai narkoba dengan pengedar atau produsen [1]. Lapas Narkotika Sawahlunto ini semenjak November 2015 dioperasikan secara terbatas [3]. Lapas Narkotika Sawahlunto yang menampung seluruh narapidana kasus narkotika di Sumatra Barat [4].

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d Merdeka.com. "LP Khusus Narkoba Terbesar Dibangun di Sawahlunto | merdeka.com". merdeka.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-04-09. 
  2. ^ "Begini Aktivitas Warga Binaan di Lapas Narkoba Sawahlunto - Portal Berita Singgalang". Portal Berita Singgalang. 2015-12-12. Diakses tanggal 2018-04-09. 
  3. ^ Okezone. "Kekurangan SDM, Lapas Narkotika Sawahlunto Belum Beroperasi Optimal : Okezone News". https://news.okezone.com/. Diakses tanggal 2018-04-09.  Hapus pranala luar di parameter |newspaper= (bantuan)
  4. ^ Andalas, Warta. "LAPAS Narkoba Sawahlunto Bakal Segera Aktif". wartaandalas.com. Diakses tanggal 2018-04-09.