Leicester United F.C.

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Leicester United
Nama lengkapLeicester United Football Club
JulukanUnited
Berdiri1900; 124 tahun lalu (1900) (sebagai Enderby Town)
KetuaMichael Stevenson
Jajaran DirekturKym Paling, Alan Hopkins, Netty Stevenson, Scott Moore
1995–1996Liga Selatan Inggris khusus Divisi Midland, ke-16 (gulung tikar)

Leicester United Football Club adalah klub sepak bola Inggris yang berbasis di kota Leicester, karesidenan Leicestershire, Midlands Timur, Inggris. Klub ini awal mulainya sudah terbentuk sejak tahun 1900 hingga akhirnya sempat bubar pada tahun 1996 lantaran gulung tikar. Pada bulan Maret 2023, muncul sebuah usulan untuk membangkitkan kembali klub ini dengan tujuan mencapai kejayaan klub yang pernah tercapai di masa terdahulunya. Hal ini diprakarsai Steven Eljay, Alan Hopkins, Kym Paling dan Netty Stevenson yang juga turut disokong oleh Scott Moore dan suatu perusahaan terkait keolahragaan setempat atas nama The Richard Moore Sports Community Interest Company.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1900 sekelompok pekerja tambang mendirikan Klub Sepak Bola Kota Enderby.

Sekretarisnya adalah pendukung Sunderland dan dia bertekad klub harus mengenakan warna tim favoritnya, garis-garis merah dan putih.

Tempat pertama klub berada di George Street, Enderby. Town memantapkan dirinya di liga kecil lokal sebelum naik ke Liga Senior Leicestershire.

Setelah memenangkan Divisi 2 pada tahun 1958-59, klub ini menjadi kekuatan dominan pada tahun 1960an, memenangkan gelar Divisi Satu sebanyak tiga kali dan juga mengangkat Piala Senior Leicestershire sebanyak tiga kali.

Klub ini pindah ke Liga Regional East Midlands pada musim 1970-71, memenangkan gelar ganda liga dan piala di musim pertama mereka dan mempertahankan gelar liga di musim kedua.

Pada tahun 1972 klub ini terpilih menjadi anggota Liga Selatan untuk menggantikan Hereford United, yang telah dipromosikan ke Divisi Liga Sepak Bola 4. Piala Senior Leicestershire dimenangkan kembali pada tahun 1972-73 dan 1978-79.

Tahun 1980-an terjadi perubahan nasib, klub terdegradasi dari Divisi Utama pada tahun 1982, setelah itu klub pindah ke tempat baru, United Park, di Winchester Road, Blaby. Pada saat yang sama nama mereka diubah menjadi Leicester United. Performanya terus menurun dan United menempati posisi terbawah Divisi Midland pada 1984-85.

United mencapai promosi kembali ke Divisi Premier setelah finis kedua pada 1986-87 tetapi terdegradasi lagi dua tahun kemudian.[1]

Sementara Klub masih mencari rumah permanen klub akan mempertahankan Garis Merah Putih asli klub dan lencana klub baru mempertahankan Unsur Merah Putih, Dekat dengan bentuk aslinya dan sebagai klub komunitas mempertahankan keberadaan rubah.

Sementara klub memulai dengan bagian Junior, hal ini bertujuan untuk membangun jalur pemain ke sepak bola Pria Senior dan sekali lagi bersaing dengan Tim Elite dari wilayah tengah dan sekitarnya.

Rekor liga[sunting | sunting sumber]

Selama bertahun-tahun, Leicester United adalah tim teratas kedua di Leicestershire. Prestasi tertinggi yang diraih klub ini adalah peringkat ke-8 di Divisi Utama Liga Selatan pada 1987–88. Divisi Utama Liga Selatan saat itu merupakan kasta ke-6 sepak bola Inggris. Klub ini terdegradasi pada musim berikutnya.

Pada musim terakhir mereka, 1995–96, mereka finis di urutan ke-16 di Divisi Midlands Liga Selatan. Mereka gulung tikar hanya dalam beberapa pertandingan di awal musim 1996–97 karena masalah keuangan, salah satu pertandingan terakhir mereka adalah kemenangan atas Grantham Town.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Leicester Utd v Racing Club Warwick". Football Program. Sejarah Kota Enderby. 
  2. ^ End of the road for Leicester United