Legiun Polandia (periode Napoleon)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Jan Henryk Dąbrowski, komandan Legiun Polandia yang paling dikenal.

Legiun Polandia (bahasa Polandia: Legiony Polskie we Włoszech; juga dikenal dengan nama Legiun Dąbrowski)[1] pada periode Napoleon adalah sejumlah satuan militer Polandia yang mengabdi untuk Angkatan Darat Perancis dari tahun 1797 hingga 1803, walaupun beberapa satuan masih bertugas hingga tahun 1815.

Setelah Pemisahan Polandia Ketiga pada tahun 1795, banyak orang Polandia yang merasa bahwa Perancis Revolusioner dan sekutu-sekutunya akan membantu Polandia. Musuh-musuh Perancis adalah negara-negara yang membagi-bagi wilayah Polandia, yaitu Prusia, Austria dan Rusia. Banyak pasukan, perwira dan sukarelawan Polandia yang pindah ke wilayah Italia yang dikuasai oleh Perancis (sehingga muncul istilah "Legiun Polandia di Italia") atau wilayah Perancis sendiri, dan mereka bergabung dengan militer lokal. Jumlah orang Polandia yang bergabung kemudian mencapai ribuan. Dengan dukungan dari Napoleon, dibentuklah satuan-satuan militer Polandia dengan pangkat militer Polandia dan perwira Polandia. Beberapa komandan Legiun Polandia yang paling dikenal adalah Jan Henryk Dąbrowski, Karol Kniaziewicz dan Józef Wybicki.

Legiun Polandia membantu Perancis selama peperangan era Napoleon dan turut serta dalam berbagai kampanye militer yang dilancarkan oleh Napoleon dari Hindia Barat hingga Italia dan Mesir. Saat Kadipaten Warsawa didirikan pada tahun 1807, banyak veteran Legiun Polandia menjadi inti angkatan darat Kadipaten Warsawa di bawah kepemimpinan Józef Poniatowski. Pasukan ini berhasil memenangkan Perang Polandia-Austria pada tahun 1809, tetapi mereka turut serta dalam invasi Perancis ke Rusia pada tahun 1812 yang mengalami kegagalan dan mengakhiri kejayaan Napoleon.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Jerzy Jan Lerski (1996). Historical Dictionary of Poland, 966–1945. Greenwood Publishing Group. hlm. 104. ISBN 978-0-313-26007-0. Diakses tanggal 9 May 2012. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]