lavojoy

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

lavojoy
DiluncurkanJuli 2022
PasarIndonesia
Situs weblavojoy.id

lavojoy adalah salah satu merek produk perawatan badan atau body care. Merek ini mulai tersedia di pasaran Indonesia pada akhir Juli 2022, dengan produk-produk berupa sabun mandi, serum badan, sampo, serta kondisioner.[1]

Nama[sunting | sunting sumber]

Nama lavojoy merupakan kombinasi kata lavo dari bahasa Latin dan joy dari bahasa Inggris. Disadur dari situs web resmi Lavojoy Indonesia,[2] lavo[a] bermakna membersihkan (cleansing), sementara joy[b] berarti sukacita.

Peluncuran[sunting | sunting sumber]

Merek ini diluncurkan untuk pasaran Indonesia pada akhir Juli 2022. Bersamaan dengan penandatanganan kerja sama dengan Sociolla, per Sabtu, 28 Agustus 2022, produk-produk lavojoy sudah dapat dijumpai di gerai-gerai Sociolla. Hal ini sekaligus menjadikan Sociolla sebagai toko offline pertama yang menjual produk lavojoy.[3]

Produk[sunting | sunting sumber]

Produk yang diluncurkan lavojoy dan tersedia di pasaran meliputi sabun sparkling daydream; serum badan let it glow dengan dua varian, yaitu dancing in the mist dan summertrain; sampo hold me tight, dan kondisioner SOS nnourishing.[4][5]

Klaim bahan dan khasiat[sunting | sunting sumber]

lavojoy mengklaim bahwa rangkaian produk yang mereka usung aman bagi kulit dan rambut, karena tidak mengandung bahan-bahan berbahaya dan diproduksi secara ilmiah.[6] Beberapa bahan aktif yang dikandung produk-produk merek ini meliputi nikotinamida, asam amino, serta AHA, BHA, dan PHA. Khususnya nikotinamida, bahan ini disebut memiliki efek mencerahkan kulit.[7] Asam amino dalam produk sampo diklaim mampu mengurangi kerontokan rambut. Ada pun kondisioner, secara khusus memiliki kandungan ekstrak daun pegagan (centella asiatica) yang diklaim dapat menenangkan kulit kepala.[8]

Klaim lain merek ini adalah produk-produknya bersifat ramah vegan dan cruelty-free.[c][1]

Kerja sama[sunting | sunting sumber]

Sejak April 2022, lavojoy menjalin kerja sama dengan Ron Guba, salah satu ahli teurapetik sekaligus formulator produk sabun dan perawatan kulit terkenal di Australia, yang bekerja di STN International. Produk-produk lavojoy diformulasikan oleh Guba di laboratorium STN International.[9] Merek ini turut menggandeng Anne Flippo, seorang perfumer kondang asal Prancis.[10] Kerja sama dengan kedua ahli disebut-sebut sebagai usaha lavojoy dalam menghadirkan produk yang berkualitas dengan wangi ekslusif yang memuaskan.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Lavō dalam bahasa Latin berakar dari kata *lawāō dalam bahasa Proto-Italia, yang secara umum berarti basah, mandi, membersihkan, melembabkan, atau mencuci. Selengkapnya lihat Charlton T. Lewis and Charles Short (1879). A Latin Dictionary, Oxford: Clarendon Press.
  2. ^ Joy memiliki beberapa makna dalam bahasa Inggris, seperti perasaan sukacita atau kebahagiaan mendalam, khususnya berkaitan dengan ekspektasi terhadap sesuatu yang baik. Joy juga merujuk pada hal apa saja yang menyebabkan sukacita atau kebahagiaan; hasil yang positif atau kesuksesan; serta suasana suatu festival atau perayaan. Selengkapnya lihat [[1]].
  3. ^ Cruelty-free atau bebas dari kekejaman merupakan istilah yang muncul atas dasar kritisisme terhadap pengujian keamanan bahan-bahan kimia yang terkandung make up atau kosmetik terhadap hewan. Secara umum, produk berlabel cruelty-free tidak melakukan pengujicobaan terhadap hewan, baik bahan-bahan maupun produk jadinya. Selengkapnya lihat Wisnubrata (ed), [Produk Cruelty Free dan Vegan dalam Kosmetik], yang terbit pada 23 September 2020 di Kompas.com.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Zhafira, Arnidhya Nur (3 Agustus 2022). Maria Rosari Dwi Putri, Maria Rosari Dwi, ed. "lavojoy luncurkan rangkaian produk kecantikan di Indonesia". ANTARA News. Diakses tanggal 18 September 2022. 
  2. ^ "Brand Story". Lavojoy. Diakses tanggal 18 September 2022. 
  3. ^ Sayekti, Ignatia Maria Sri, ed. (28 Agustus 2022). "pressrelease". Kontan.co.id. Diakses tanggal 18 September 2022. 
  4. ^ Avissa Harness (2 September 2022). Fitria Sofyani, ed. "Rekomendasi Perawatan Tubuh Terbaru dari lavojoy, Ada Sabun hingga Body Serum". Kumparan. Diakses tanggal 18 September 2022. 
  5. ^ "Lavojoy Bikin Kulit Glowing dan Rambut Sehat". Tempo.co. 21 Agustus 2022. Diakses tanggal 18 September 2022. 
  6. ^ "Lavojoy Resmi Luncurkan Produk Perawatan Tubuh di Indonesia". Media Indonesia. 8 Agustus 2022. Diakses tanggal 18 September 2022. 
  7. ^ "Kini Hadir di Sociolla, Ini Rangkaian Perawatan dari Lavojoy". Popbela.com. 29 Agustus 2022. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-09-20. Diakses tanggal 18 September 2022. 
  8. ^ Novi Nadya (28 Agustus 2022). "Samakah Khasiat Sabun Mandi dan Sampo dengan Kandungan AHA-Centella Asiatica dengan Skincare untuk Kulit Wajah?Samakah Khasiat Sabun Mandi dan Sampo dengan Kandungan AHA-Centella Asiatica dengan Skincare untuk Kulit Wajah?". Fimela.com. Diakses tanggal 18 September 2022. 
  9. ^ "lavojoy Announced New Partnership with Australian Leading Therapeutic Expert Ron Guba". Yahoo.com. 13 Juli 2022. Diakses tanggal 1 Oktober 2022. 
  10. ^ Austin, Chelsea (28 Agustus 2022). "lavojoy, Body Care Asal Australia yang Menggandeng Ahli Teurapetik dan Perfumer di Dunia". Kompas.com. Diakses tanggal 14 November 2022. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]