Lasithi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Lasithi
Περιφερειακή ενότητα
Λασιθίου
Satuan wilayah
Letak Lasithi di Yunani
Letak Lasithi di Yunani
Negara Yunani
Wilayah Kreta
Ibu kota Agios Nikolaos
Luas
 • Total 1.823 km2 (704 sq mi)
Penduduk (2011)
 • Total 75.381
 • KepadatanBad rounding here41/km2 (Bad rounding here110/sq mi)
Kode pos 72x xx
Kode telepon 284x0
ISO 3166 GR-92
Plat nomor ΑΝ
Situs web www.lassithi.gr

Lasithi (bahasa Yunani: Λασίθι) adalah satuan wilayah paling timur di Pulau Kreta tepatnya di sebelah timur Heraklion. Ibukotanya adalah Agios Nikolaos, dan kota-kota besar lainnya adalah Ierapetra, Sitia dan Neapoli. Pegunungan Dikti berada di barat dan Thrypti di timur. Laut Kreta terletak di utara dan Laut Libya di selatan.

Di sebelah timur desa Elounda terletak pulau bernama Spinalonga di mana tempat berdirinya bekas benteng Venesia. Di kaki Gunung Dikti terletak Dataran Tinggi Lasithi yang terkenal dengan kincir anginnya. Vai terkenal dengan hutan pohon kurmanya.

Berkat pantai dan iklimnya yang sejuk sepanjang tahun, Lasithi mampu menarik banyak wisatawan. Tempat wisata publik tersedia pada tempat-tempat seperti Vai, Agios Nikolaos, dan Pulau Chrissi. Tempat wisata lainnya dapat ditemukan di desa-desa sepanjang pantai selatan pulau seperti Myrtos, Makrys Gialos atau Makrigialos, Xerokambos dan Koutsouras.

Lasithi adalah rumah bagi sejumlah tempat tinggal kuno. Vasiliki, Fournou Korifi, Pyrgos, Zakros, dan Gournia adalah reruntuhan Minoan, Lato, dan Itanos yang dahulu merupakan kota Doric.

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Telah diperkirakan bahwa kata ra-su-to, yang ditemukan di Linear B, sesuai dengan Lasynthos kuno[1] yang tidak ada bentuk dokumennya. Ada juga nama suku Lyttian Lasynthioi yang mungkin mencerminkan nama yang sama dengan wilayah ini.[2]

Pendapat awal menyatakan bahwa namanya berasal dari la yang ditambahkan pada turunan dari Lyttos (Lyttus → Tselyttus[3] → Tselethe → Xeethe → La Xeethi → Lasithi)[4] atau Sitia (Sitia → La Sitia → Lasithi) walau tidak dapat dipastikan, seperti nama Lasithi yang dibuktikan muncul pada awal 1211, sedangkan orang Venesia pertama tiba di Kreta pada tahun 1205.[5] Pendapat lain menyatakan bahwa itu berasal dari kata lakkos yang berarti lubang atau cekungan. (Lakkos → Lakkidion → Latsidi → Lasidi → Lasithi).[5]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sejarah Lasithi dapat ditelusuri setidaknya sejak tiga milenium yang lalu. Daerah ini memiliki sejarah purbakala yang cukup kuno, termasuk permukiman era Dorian, Olous, dan Lato.[6]

Pembagian Administrasi[sunting | sunting sumber]

Satuan wilayah Lasithi terbagi menjadi empat munisipalitas, diantaranya:[7]

Peta pembagian munisipalitas di Lasithi
  1. Agios Nikolaos
  2. Ierapetra
  3. Oropedio Lasithiou
  4. Siteia

Sebagai bagian dari reformasi pemerintah Kallikratis 2011, satuan wilayah Lasithi diciptakan dari bekas Prefektur Lasithi (bahasa Yunani: Νομός Λασιθίου), yang diciptakan saat Kreta masih merupakan negara otonom dan dipertahankan setelah pulau tersebut bergabung dengan Yunani pada tahun 1913. Wilayah pada prefektur ini memiliki wilayah yang sama dengan satuan wilayah saat ini, kecuali daerah Viannos yang awalnya milik Lasithi namun dianeksasi ke Prefektur Heraklion pada tahun 1932. Pada saat yang sama, munisipalitas disusun kembali, sesuai dengan tabel di bawah ini.

Munisipalitas saat ini Munisipalitas dahulu Ibu kota
Agios Nikolaos Agios Nikolaos Agios Nikolaos
Vrachasi
Neapoli
Ierapetra Ierapetra Ierapetra
Makry Gialos
Oropedio Lasithiou Oropedio Lasithiou Tzermiado
Siteia Siteia Siteia
Itanos
Lefki

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Fred Woudhuizen, The Earliest Cretan Scripts, 2:99
  2. ^ Angelos Chaniotis, "The Great Inscription, its Political Institutions, and the Common Institutions of the Cretans" in E. Greco, M. Lombardo, eds., La Grande Iscrizione di Gortyna. Centoventi anni dopo la scoperta, Atti del I Convegno Internazionale di Studi sulla Messarà, Athens 2005 p. 182 and passim "Chaniotis, The Great Inscription" (PDF). 
  3. ^ cf. Rebracketing of se- + noun
  4. ^ Thomas Abel Brimage Spratt, Travels and Researches in Crete, 1865, chapter XIX, p. 201
  5. ^ a b Philip Betancourt, Hagios Charalambos: A Minoan Burial Cave in Crete 1:9, 2014 ISBN 1623033934
  6. ^ C.Michael Hogan, Lato Fieldnotes, The Modern Antiquarian, Jan 10, 2008
  7. ^ "Kallikratis reform law text" (PDF). 

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]