Las Ventas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Las Ventas
Las-ventas.jpg
Arena Matador Las Ventas

<mapframe zoom="10" frameless="1" align="center" height="200" latitude="40.432083" longitude="-3.663278" width="270">[ {"properties":{"stroke-width":3,"stroke":"#FF0000","title":"Las Ventas"},"type":"ExternalData","service":"geoshape","ids":"Q756621"}, {"properties":{"stroke-width":5,"stroke":"#FF0000","title":"Las Ventas"},"type":"ExternalData","service":"geoline","ids":"Q756621"}, {"type":"Feature","geometry":{"coordinates":[-3.663278,40.432083],"type":"Point"},"properties":{"title":"Las Ventas","marker-color":"5E74F3"}}

]</mapframe>
Nama lama Las Ventas del Espíritu Santo
Informasi umum
Jenis arena Matador
Gaya arsitektur Neo-Mudéjar
Alamat c/ Alcalá, 237
28028 Madrid
Kota Madrid
Negara Spanyol
Koordinat 40°25′55.5″N 3°39′47.8″W / 40.432083°N 3.663278°W / 40.432083; -3.663278
Penyewa saat ini Plaza 1
Diresmikan 17 Juni 1931; 87 tahun lalu (1931-06-17)
Pemilik Comunidad de Madrid
Desain dan konstruksi
Arsitek José Espeliu
Informasi lain
Kapasitas 23,798
Situs web
www.las-ventas.com

Plaza de Toros de Las Ventas atau yang lebih dikenal dengan nama singkatnya Las Ventas, adalah bangunan yang menjadi arena khusus tempat pertandingan Matador yang berlokasi di kota Madrid, Spanyol. Terletak di kawasan Guindalera di distrik Salamanca yang berada di wilayah timur kota Madrid, bangunan ini diresmikan pada tanggal 17 Juni 1931, serta tempat ini memiliki kapasitas yang dapat menampung penonton sebanyak hingga 25.000 orang. Bangunan ini dirancang oleh arsitek José Espeliú dengan gaya Neo-Mudéjar (Moor) dengan inkrustasi keramik. Kursi penonton terletak di sepuluh "tendidos". Harga kursi tergantung seberapa dekat penonton menuju ke arena dan apakah mereka berada di bawah sinar matahari atau tempat teduh (yang terakhir harganya lebih mahal). Musim Matador dimulai pada bulan Maret dan berakhir pada bulan Oktober; acara matadornya diadakan setiap hari selama festival San Isidro Fiesta, dan setiap hari Minggu atau hari libur tiap musim. Acara dimulai pada pukul 6 atau 7 malam dan berlangsung selama dua sampai tiga jam[1].

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Dari tahun 1913 sampai 1920, acara hiburan nasional (Matador) memperoleh status penting seperti itu pada zaman dulu dan Carretera de Aragón merupakan arena adu banteng utama di kota Madrid namun kapasitasnya tidak cukup besar. José Gómez Ortega "Joselito" kemudian menyatakan bahwa arena "monumental" baru harus dibangun, untuk membuka kembali warisan dan budaya Spanyol ini ke seluruh kota Madrid. Temannya yang merupakan arsitek bernama José Espeliú mulai mengerjakan proyek tersebut.

Kemudian sebuah keluarga bernama Jardón menyumbangkan sebidang tanah kepada Dewan Provinsi Madrid, dengan syarat mereka bisa menjalankan arena di atasnya selama lima puluh tahun. Perwakilan Dewan tersebut menerima proposal tersebut pada tanggal 12 November 1920. Pada tanggal 19 Maret 1922, tepat di bagian tengah bakal arena, batu pertama diletakkan. Pembangunan arena adu banteng akan memakan biaya sebesar 12 juta peseta (4,5 juta di atas anggaran awal), dan akan menggantikan arena adu banteng lama, yang berasal dari tahun 1874.

"Las Ventas" selesai pada tahun 1929 dan dua tahun kemudian, 17 Juni 1931, sebuah pertunjukan amal Matador digelar dengan kerumunan penuh untuk peresmiannya. Pertarungan banteng berhenti selama Perang Saudara Spanyol dan tidak dilanjutkan sampai Mei 1939. Ada sebuah Pasodoble (pertunjukan marching band ala Spanyol) berjudul "Plaza de las Ventas" yang didedikasikan untuk arena ini oleh seorang komposer bernama Maestro Manuel Lillo.

Struktur dan Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Pemandangan Arena Las Ventas dalam keadaan kosong. Dengan diameter sepanjang 65 meter, menjadikannya salah satu arena terluas di dunia.

"Las Ventas" dibagi dalam cincin atau arena, yang dibagi ke dalam bentuk zona yang disebut "patios" (teras). Arsitekturnya memakai gaya Neo-Mudéjar, dengan representasi keramik dari puncak-puncak heraldik yang diambil dari berbagai provinsi di Spanyol. Arena memiliki diameter 60 meter. Kapasitas tempat duduk dibagi menjadi 10 "tendidos" (satu kelompok yang terdiri dari 27 baris satu keliling arena), beberapa di antaranya berada di bawah naungan dan sisanya langsung di bawah sinar matahari.

Presiden corrida (pemimpin event) duduk di Tendido ke-10. Royal Box nya memiliki desain yang luar biasa, dengan gaya arsitektur Mudéjar, kamar mandi lengkap dan lift. Berlawanan dengan Royal Box, di atap tribun yang tertutup, terdapat sebuah jam. Jalur banteng memiliki lima gerbang, ditambah tiga lagi yang disebut "toriles", tempat di mana banteng nantinya memasuki arena. Pintu gerbang "cuadrillas", antara "tendidos" 3 dan 4, memiliki akses ke halaman kuda. Di dalam pintu ini, "paseillo" dimulai dan "picadores" (petarung banteng dengan tombak) keluar dari sini menuju arena ("suerte de varas"). Gerbang seret, yang mengarah ke ruang untuk menguliti, ada di antara "tendidos" 1 dan 2. Gerbang terkenalnya yaitu "Puerta Grande" (Gerbang Besar), yang juga disebut Gerbang Madrid, berada di antara "tendidos" 7 dan 8. Bisa masuk lewat gerbang tersebut, terutama selama acara Fiesta San Isidro, adalah cita-cita setiap Torero (petarung banteng dalam Matador). Di dalam bangunan ini juga terdapat kapel dan rumah sakit kecil dengan dua ruang operasi[2].

Kegunaan Lain[sunting | sunting sumber]

Venue Konser[sunting | sunting sumber]

Bangunan Arena Las Ventas yang terlihat dari jalan Calle de Alcalá, kota Madrid.

The Beatles tampil di arena ini pada tanggal 2 Juli 1965. Pada tahun 1991, Diana Ross tampil di Las Ventas dalam tour nya bertajuk Here and Now World Tour 1991-92, dan pada tahun 1996, band rock Australia AC/DC tampil di arena ini untuk Ballbreaker World Tour mereka, merekam pertunjukan untuk video konser mereka, No Bull. Pada musim panas 2003, Radiohead memainkan konser di Las Ventas, yang menjadi satu-satunya konser mereka di Spanyol tahun itu. Pada tahun 2009, Kylie Minogue tampil di sana sebagai bagian dari tur KylieX2008-nya, dan pada tanggal 28 Oktober 2011, Coldplay tampil di Las Ventas selama serial musik American Express Unstaged[3].

Red Bull X Fighter[sunting | sunting sumber]

Sejak tahun 2002, arena ini menjadi penyelenggara acara Red Bull X Fighter.

Lapangan Tenis[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2008, arena ini sempat diubah menjadi lapangan tenis tipe lapangan tanah liat dimana Tim Piala Davis Spanyol, yang saat itu dipimpin oleh Rafael Nadal, bermain dalam semifinal melawan Tim Piala Davis Amerika Serikat, dan berhasil memenangkannya di hadapan khalayak sendiri.

Teater[sunting | sunting sumber]

Sejak tahun 2014, bangunan ini juga difungsikan sebagai teater dengan nama Gran Teatro Ruedo Las Ventas, dengan kapasitas 858 tempat duduk.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]