Lari halang rintang ekstrem

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Lari halang rintang ekstrem
Obstacle race 1.jpg
Induk organisasiWorld OCR
Fédération Internationale de Sports d'Obstacles
Nama lainOCR
KategoriLapangan dan Ruangan
Keberadaan
Negara atau wilayahDunia
OlimpiadeDalam evaluasi oleh GAISF
Seorang atlet putri sedang berlomba.

Lari halang rintang ekstrem (bahasa Inggris: obstacle racing, obstacle course racing [OCR]) adalah cabang olahraga di mana pemain yang berjalan menggunakan kaki, harus mampu melewati berbagai tantangan dan hambatan fisik. Balapan ini memiliki variasi seperti dari segi hambatan, seperti "Ninja Races" dalam acara Ninja Warrior, hingga adu lari di trek, jalanan perkotaan, hingga lintas alam (cross country).

Menurut Los Angeles Times pada tahun 2012, jumlah penyelenggaraan — umumnya berupa kegiatan sepanjang hari — meningkat pesat. Terkait dengan meningkatnya popularitas jenis olahraga ini, beberapa majalah daring diluncurkan, seperti Mud Run Guide[1] dan Obstacle Racing Media.[2]

Cabang olahraga ini juga dipertandingkan pada Pesta Olahraga Asia Tenggara 2019 di Filipina, yang diikuti oleh enam negara, yaitu Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Thailand serta tuan rumah Filipina. 4 negara berhasil memenangkan medali dengan juara umum cabang olahraga ini Filipina, disusul Malaysia, urutan ketiga ditempati Indonesia, keempat oleh Laos sedangkan tim Thailand dan Myanmar tidak berhasil meraih satu medalipun.

Referensi[sunting | sunting sumber]