Lapisan armor reaktif

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Pelindung reaktif atau Lapisan armor reaktif adalah jenis pelindung kendaraan yang digunakan untuk melindungi kendaraan, terutama tank modern, terhadap muatan berbentuk dan penetrator energi kinetik yang diperkeras. Jenis yang paling umum adalah armor reaktif eksplosif (ERA), namun variannya mencakup armor reaktif eksplosif yang membatasi diri (SLERA), armor reaktif non-energi (NERA), armor reaktif non-eksplosif (NxRA), dan armor listrik. Modul NERA dan NxRA dapat menahan banyak serangan, tidak seperti ERA dan SLERA.[1] [2]

Saat muatan berbentuk menghantam pelat atas armor, muatan tersebut akan meledakkan bahan peledak di bagian dalam, melepaskan kerusakan tumpul yang dapat diserap oleh tank.

Armor reaktif dimaksudkan untuk melawan amunisi anti-tank yang bekerja dengan cara menembus armor dan kemudian membunuh awak di dalamnya, menonaktifkan sistem mekanis vital, atau menciptakan spalling yang menonaktifkan kru – atau ketiganya.

Armor reaktif dapat dikalahkan dengan beberapa serangan di tempat yang sama, misalnya dengan senjata muatan tandem, yang menembakkan dua atau lebih muatan berbentuk secara berurutan. Tanpa serangan tandem, akan jauh lebih sulit untuk mengenai titik yang sama dua kali.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Jones, Clive; Petersen, Tore T. (1 November 2013). Israel's Clandestine Diplomacies. Oxford University Press. ISBN 9780199365449. Diarsipkan dari versi asli tanggal 18 February 2023. Diakses tanggal 28 October 2020 – via Google Books. 
  2. ^ Held, Manfred (20 August 2004). "Dynamic Plate Thickness of ERA Sandwiches against Shaped Charge Jets". Propellants, Explosives, Pyrotechnics. 29 (4): 245–246. doi:10.1002/prep.200400051.